Published On: Thu, Jun 23rd, 2016

Fitra NTB Gelar Diskusi Bedah RKPDes dan APBDes Desa

dibaca 534 kali
Share This
Tags

fitra

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur– Sebabagai bentuk sinergitas program peduli dan program peduli desa, FITRA NTB dan Yayasan Samanta melakukan diskusi penguatan pengetahuan masyarakat Desa Mekar Sari, Selasa 21/06/2016 di Sekretariat Gapoktan Pucak Semaring Desa Mekar Sari Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan tersebut merupakan diskusi pengkajian Rencana Kerja Pembangunan Desa RKPDes dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa APBDES yang terbuka, Partisipatif dan Inklusif. Diskusi ini di dihadiri oleh 20 lebih warga terutama warga yang tinggal di Dusun Tumpang Sari desa setempat.

Ramli salah seorang pemateri yang juga staf Divisi Kajian dan Advokasi Anggaran dari Lembaga Fitra NTB menjelaskan “setiap masyarakat berhak mengakses dokumen desa dan melakukan pemantauan, pengawasan perencanaan pembangunan desa sehingga dalam memudahkan pemantauan kita dapat menggunakan Tools pemantauan kualitas perencanaan pembangunan desa” jelas Ramli.

Terkait dengan kondisi desa khausunya Desa Mekar sari belum sepenuhnya menyiapkan informasi oleh pihak desa. Hal ini disampaikan Helyadi Kepala Urusan Pemerintahan Desa Mekar sari mengatakan “Sesuai dengan kemampuan Pemerintah desa saat ini masih melaksanakan musawarah dalam perencanaan, dan hasil tersebut kemudian disampaikan oleh masing-masing kadus sehingga masyarakat mengetahui perencanaan pembangunan” ujar Helyadi.

Sementara menurut salah seorang peserta Suhip mengakui kalau masyarakat hanya sebatas penonton dan belum dilibatkan dalam perencanaan dan pelaksanaan dan pengawasan anggaran desa “saya pikir, agar lebih mudah dan memiliki bergaining kuat maka ke depan kita perlu membentuk tim satuan tugas pemantau kebijakan pemerintahan desa” kata Suhip yang saat ini menjadi Sekretaris Gapoktan Puncak Semaring.

Senada juga disampaikan Hurniati Ketua Kelompok Wanita Terampil Puncak Semaring mengatakan “kita juga harus dapat memastikan agar keterlibatan perempuan dalam forum-forum pengambilan kebijakan desa harus diperbanyak, tentu selain kuantitas jugak kualitas perempuan ditingkatkan”. jelasnya. |004|012|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah