Published On: Thu, Sep 1st, 2016

Fauzan Khalid Sambut Roah Segare Dengan Lepas Anak Penyu

dibaca 200 kali
Share This
Tags

Lepas penyu di KuranjiRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Menyambut Roah Segare beberapa hari lagi, warga Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi mengadakan beberapa kegiatan budaya. Selain itu, Roah Segare juga disambut dengan pelepasan tukik (anak penyu) Lekang di Pantai Kuranji, Rabu (31/08/2016).

Pelepasan anak Penyu Lekang merupakan bentuk penyelamatan terhadap spesies langka. Penyu Lekang termasuk salah satu habitat yang hampir punah.

Ketua Kelompok Kerabat Penyu Lombok, Masnun menuturkan, sebanyak 60 anak Penyu dilepas menuju lautan lepas. Ini dilakukan untuk melestarikan keberadaan Penyu langka ini.

Ia mengatakan, Pantai Kuranji merupakan daerah pesisir pasir hitam. Di sana, dulu terdapat banyak Penyu Lekang. Pelepasannya dilakukan sore hari. Alasannya, untuk menghindari serangan habitat predator. “Kalau pagi kita khawatir dengan predator,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Masnun mengeluhkan penangkaran Penyu ini masih kurang mendapat perhatian Pemkab Lobar. Sejauh ini, pembiayaan pelestarian Penyu ini masih berasal dari adopter (donatur). ““Dari sana kita dapat biaya untuk pakan, dan lainnya,”” sambung Masnun.

Ke depan, Masnun berharap, Pemkab Lobar memberikan bantuan untuk penangkaran habitat ini. Baik dari segi infrastruktur maupun perawatan Penyu. “”Saya mengharapkan bantuan Pak Bupati,”” harapnya. (007/002)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah