Published On: Mon, Aug 15th, 2016

Fauzan Khalid: Peresean Harus Tetap Dilestarikan Sebagai Budaya Luhur Nenek Moyang

dibaca 418 kali
Share This
Tags

Radio Lombok F3kM, Lombok Barat – Menyambut HUT RI ke-71 Karang Taruna desa Taman Baru, kecamatan Sekotong, Lombok Barat (Lobar) mengelar lomba peresean “Seni Tarung Peresean” di Sekotong. Sebagai asset socio-cultural masyarakat Lombok peresean harus tetap dilestarikan sebagai budaya luhur nenek moyang guna mempertahankan kearifan local masyarakat. Demikian dikatakan bupati Lobar H. Fauzan Khalid kepada Radio Lombok FM, di Sekotong, Minggu (14/8).

“Atas terselenggaranya kegiatn ini saya memberi apresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat kecamatan Sekotong, khususnya penggasa kegiatan ini dari Karang Taruna Desa Taman Baru. Budaya peresean adalah Budaya Lombok dan Budaya masyarakat .sasak, jadi kita perlu untuk melestarikannya dengan cara seperti sekarang ini,” ungkap Bupati

Fauzan mengatakan, peresean diklasifikasikan sebagai  permainan yang keras, bahkan lebih ekstrem. Selain itu peresean juga disebut sebagai permainan yang kejam. Namun sesungguhnya bukan itu yang ingin ditunjukkan, melainkan nilai-nilai sportifitas yang terkandung didalamnya. Hal tersebut  bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam kesempatan itu dirinya menyinggung terkait kecamatan Sekotong memiliki potensi yang sangat luar biasa utamanya di sektor pariwisata dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimilikinya. Oleh karena itu Pemerintah Daerah (Pemda) akan selalu membagi pembanguan secara proporsional dan akan terus memfasilitasi pembangunan infrasrtuktur yang ada. Karena sampai saat ini sudah begitu banyak investor yang tertarik untuk memajukan wilayah Sekotong.

“Tugas dan tanggung jawab kita bersama khususnya masyarakat Sekotong adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan daerah kita ini.” ingat Bupati di akhir arahannya.( 007/016)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah