Published On: Thu, Oct 8th, 2015

Fasilitator PNPM GSC Latih TPMD

dibaca 1,521 kali
Share This
Tags

aRADIO LOMBOK FM – Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Generasi Sehat dan Cerdas (PNPM GSC) Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, 7 Oktober kemarin menggelar pelatihan bagi Tim Pertimbangan Musyawarah Desa (TPMD) se Kecamatan Bayan.

“Tujuan pelatihan ini agar TPMD bisa memonitor pelaksanaan PNPM GSC untuk tahun anggaran 2015-2016, kemudian tim ini bisa mumpuni dalam menyusun proposal dan membuat RAB”, ungkap fasilitator PNPM GSC Kecamatan Bayan, Ziyadul Haq.

Yang dilatih terdiri dari 3 orang masing-masing desa yang akan membantu fasilitator kecamatan dalam melakukan monitoring kegiatan dan memperhatikan kegiatan-kegiatan dengan dinas layanan terkait yaitu Puskesmas dan Dikbudpora.

Dikatakan, PNPM GSC telah menyediakan indikator yang akan digunakan untuk melihat keberhasilan program, seperti dibidang kesehatan meliputi ibu hamil diperiksa oleh bidan minimal 4 kali selama kehamilan, setiap ibu hamil mendapatkan minimal 90 pil Fe, proses kelahiran harus ditangani bidan dan beberapa indikator lainnya.

Sedangkan dibidang kesehatan meliputi, setiap anak usia SD/MI dan SMP/MTs yang belum sekolah dan putus sekolah kembali berskolah, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

Ziyad berharap, setelah usai mengikuti pelatihan, para TPMD mampu melihat seberapa jauh tingkat pencapaian masyarakat desa dalam memenuhi seluruh indikator keberhasilan program, baik bidang kesehatan ataupun pendidikan, terutama setelah desa-desa tersebut melaksanakan kegiatan-kegiatannya dalam satu siklus tahapan program.|004|055|

banner-krasida

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah