Published On: Mon, Sep 7th, 2015

Dua calon Bupati Tak Hadiri Ikrar Dam

dibaca 1,195 kali
Share This
Tags

politikRADIO LOMBOK FM – Walau tidak dihadiri oleh 2 orang Calon Bupati, ikrar damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah tahun 2015 pada Minggu (6/9/2015) tetap dilaksanakan. Dua perwakilan saksi dari partai politik juga tidak mendatangani Ikrar damai yang digelar di Alun-alun Tastura Praya tersebut.

Adapun Calon Bupati yang tidak hadir itu antara lain calon Bupati nomor 3 yakni TGH. Lalu Gede M. Ali Wira Sakti Amir Murni, Lc.MA atau Gede sakti dan Calon Bupati Drs.HL.Suprayatno,SH.MBA, kedua calon tersebut yang datang hanya calon wakil Bupati nomor 3 saja yakni, HL.Wirajaya dan Calon Wakil Bupati nomor 5 saja yakni Zainul Aidi,S.Ip.

Selain ketidak hadiran Calon Bupati tersebut, dua perwakilan partai yakni Hanura dan PKPI juga tidak hadir yang secara otomatis tidak menandatangani Ikrar damai tersebut. Sementara partai lain seperti PKB, PBB, Demokrat, Gerindra, PKS dan PDI-P melalui perwakilan masing-masing menandatangni Ikrar damai.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Lombok Tengah, Ary Wahyudi,SH.MH mengatakan, pelaksanaan Ikrar Damai tersebut merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk mengimplementasi tanggungjawabnya terhadap pelaksaan pemilhan kepala derah tersebut. “ Ikrar Damai ini dalam rangka komitmen kita, sekaligus perwujudan sebagai warga negara yang beradab, bentuk tanggung jawab kita terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada-red),”katanya.

Lebih lanjut Ketua KPU, 94 hari lagi menuju tanggal 9 dan seluruh warga yang telah wajib pilih akan memilih pemimpin. Pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk milih Bupati poeriode tahun 2015-2020.”Pemilihan ini dijalankan secara prinsip demokrasi yakni Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber-red) dan jujur. Pilkada tanggung jawab semua masyarakat sesuai undang-undang dasar45. KPU akan laksanakan tugas sesuai azas penyelanggara pemilu, bertugas laksanakan semua tahapan yang sudah disusun,”jelasnya.

Masyrakat sebagai pemailih, akan dilayani dengan baik oleh pelaksana atau penyelenggara dalam hal ini KPU. Dan pada 2 september lalu, pihak KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 833471 jiwa pemilih. “Melihat angka tersebut, maka pemilih kita cukup banyak kedua setelah Lombok Timur, sehingga perlu diingat kalau pemilihan ini merupakan tanggung jawab semua masyarkat dan bukan hanya KPU semata,”tandasnya.

Sejak tanggal 27 september lalu dan hingga 5 Desember 2015, pemasangan baliho sebagai fasilitasi kampanye pasangan calon sudah laksanbakan. Alat Peraga Kampanye (APK) tersebut dipasang sesuai dengan kesepakatan dengan pihak penghubung Pasangan Calon dan bisa dilihat oleh warga.”Dan tentu masyarakat loteng mau tahu bagaimana calon yang akan dipilihnya nanti, sehingga KPU juga fasilitasi sosialisaai visi dan misi calon sesui yang telah dibuat dan disepakati ,”imbuhnya.

Mengakhiri sambuatanya, ketua KPU menyatakan komitment-nya untuk melaksanakan Pemilhan Bupati dan Wakil Bupati tersebut dengan sebaik-baiknya dengan prinsip azas penyelenggara pemilu.”Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada semua warga, dengan pegang teguh azaz penyelanggara pemilu, memegang amanah memang tidak gampang, tetapi dengandukungan warga dan ridha Allah SWT insyaallah bisa,”pungkasnya.

Usai sambutan Ketua KPU, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar damai oleh seluruh pasangan calon yang hadir dan dipandu oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Sansuri,S.Pt yang dilanjutkan dengan penandatangnan ikrar damai oleh seluruh pasangan calon, Komisioner KPU dan juga saksi-saksi dari Forum Koordinasi Pemerintah Daerah dan juga Pimpinan Partai Politik Pengusung.|001|0112

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah