Published On: Sun, Oct 18th, 2015

DPRD Sidang Umumkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati

dibaca 1,137 kali
Share This
Tags

Sidang-DPRD-Lombok-TengahLOMBOK TENGAH, lombokfm.com – Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah periode 2010-2015 berakhir pada 27 Nopember 2015. Hal tersebut terungkap pada Rapat Paripurna DPRD Lombok Tengah, Jumat (16/10) 2015 di Ruang rapat Utama Kantor DPRD setempat.

Rapat Paripurna dengan agenda pengumuman dan penyampaian usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati tersebut, dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah,HM.Suhaili,FT.SH.MM dan dipimpin langsung Ketua DPRD,HA.Fuaddi,FT.SE serta dihadiri oleh hampir seluruh anggota DPRD.

Selain itu tampak hadir anggota Forkopinda dan jajaran Pemerintah Daerah, dan Kepala Desa se-Lombok Tengah. Usai mengetuk palu tanda dibukanya sidang paripurna tersebut, rapat diinterupsi oleh salah seorang anggota dewan dari Partai gerindra,M.Tauhid yang menegaskan bahwa rapat tersebut tidak dalam rangka untuk meminta persetujuan dewan untuk memberhentikan Kepala Daerah.”Kalau kita rapat untuk menyetujui atau tidak pemberhentian Bupati dan Wakjil Bupati, saya rasa itu melangar aturan yang ada,”ujarnya.

Hal tersebut kemudian dijawab Ketua DPRD selaku pimpinan sidang, bahwa benar saat itu bukan dalam rangka meminta persetujuan untuk memberhentikan Kepala Daerah, namun lebih kepada mengumumkan pemberhentian dan menyampaikan usulan pemberhentian ke mendagri melalui gubernur.

”Betul, kita memang tidak punya wewenang untuk meberhentikan, namun sesuai aturan kita harus mengsuslkanya ke Menteri melalui gubernur,”jelas Fuaddi.

Sesuai pasal 50 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, masa jabatan Bupati dan Wakil bupati untuk satu periode yakni selama 5 tahun sejak pelantikan. Hal itu juga sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 131.52-931 tahun 2011 tentang pemberhentian dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati serta kelapa daerah lainya.

”Maka dari itulah DPRD menggelar rapat yang dimaksud pada hari ini sesuai dengan agenda sidang pada masa sidang ke tiga ini,”Jelas Fuaddi lagi.

Setelah memaparkan dasar hukum pelaksanaan sidang dan landasan hukum agenda sidang tersebut, seluruh anggota dewan yang hadir dalam rapat tersebut menyetujui agenda sidang untuk ditindak lanjuti oleh pimpinan DPRD mengusulkan pemberhentian Bupati dan wakil Bupati Lombok tengah tersebut. |001|036|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah