Published On: Wed, Apr 13th, 2016

DPRD Kabupaten Bima Study Banding Ke Lombok Tengah

dibaca 962 kali

SAM_2908

RADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Angota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Rabu (13/4) 2016, lakukan Study Banding ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Tengah. Kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Bima tersebut, disambut langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Lomnok Tengah, diruang Rapat Tastura I Kantor Bupati setempat.

Wabup Lombok Tengah, HL.Pathul Bahri,S.Ip dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besanya atas terpilihnya Lombok Tengah sebagai tujuan kunjungan sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Bima tersebut.”Insyaallah dengan kunjungan ini, maka akan memberikan kemaslhatan bagi masyarakat kedua daerah,”Kata Wabup.

Pada ksempatan tersebut, Wabup menyampaikan secara singkat mengenai profile Kabupaten Lombok Tengah yang bermotto Tatas Tuhu Trasna tersebut. Mulai dari jumlah desa dan kelurahan serta jumlah pendudukanya.”Kita terdri dari 127 desadn 12 kelurahan dengan sekitar satu juta dua ratus jiwa penduduk. APBD yang kita miliki sebesar Rp.1,8 triliun dengan PAD sekitar 600 miliyar lebih,”Ungkapnya.

Tidak lupa Wabup dengan sedikit promosi, memperkenalkan berbagai macam destinasi wisata yang ada di Lombok Tengah, mulai dari pantai, wisata kuliner, kebudayaan hingga air terjun yang ada. Wabup menyarankan agar rombongan bisa mengunjungi tempat wisata tersebut.”Apalagi kalau ke pantai kuta, wah pokonya rugi kalau tidak berkunjung kesana kalau datang kesini,”Promo Wabup.

Dijelaskan Wabup, sejumlah pihak dari seluruh SKPD terkait, telah dihadirkan untuk sempurnakan Study Banding tersebut. Karena secara detail nantinya apa yang menjadi tujuan dan harapan DPRD Kabupaten Bima, bisa didiskusikan langsung dengan leading sector masing-masing persoalan yang ingin diketahui.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Sucianti yang sekaligus ketua rombongan kunjungan kerja tersebut menceritakan, kalau rombongan tersebut terdiri dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Bima dan secretariat sebagai pendamping.

Sebelum menyampaikan maksud dan tujuan kedatangya, Ketua DPRD Kabupaten Bima, menyampaikan profile singkat Kabupaten Bima. Disebutkan kalau Bima merupakan daerah yang berada diujung timur NTB yang berbatasan dengan NTT.”Kabupaten kita ini memiliki luas 4389, 40 kilo meter persegi. Penduduknya 463419 jiwa lebih,”Katanya.

Sementara jumlah desa di Kabupaten Bima, terdiri dari 191 desa 18 kecamatan. Dimana kecamatan yang terjauh yakni Kecamatan Tambora yang terletak dikawasan Wisata Nasional Gunung Tambora.”Saat ini ditemapt itu sedang berlangsung festival tambora,”Jelasnya.

Adapun berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Bima lanjut Murni Sucianti, saat ini sudah mulai coba dikembangkan. Seperti pertanian dengan komoditi, Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar dan juga padi. Sektor perkebunan seperti Kopi, Kakau, Kelapa, Jambu Mete, Kemiri, Pinang dan juga tembakau.”Disektor peternakan ada Sapi, Kerbau, Domba dan juga Kuda. Untuk menunjang pembangunan disana, kami memiliki satu bandara yakni Bandara Salahudin dan 2 pelabuhan perikanan,”Jelasnya.

Kedatangan pihaknya ke Lombok Tengah tersebut lanjut Ketua DPRD dari PAN tersebut mengutarakan, ingin mengetahui berbagai macam kebijakan strategis yang ada di Lombok Tengah terutama yang berkaitan dengan pembangunan.”Terutama menyangkut program repitalisasi pertanian dan ketahanan pangan. Begitu juga soal perluasan lapangan kerja, pengembangan kewirausahan, kepariwisataan, Tata Ruang dan lainya,”Pungkasnya.|001|24

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah