Published On: Thu, Nov 5th, 2015

DPRD Gelar Sidang Paripurna Hasil Reses dan Penyampaian Nota Keuangan APBD tahun 2016

dibaca 1,069 kali
Share This
Tags

dLOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Setelah melakukan reses ke konstituenya masing-masing, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah, menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian hasil reses yang digelar diruang sidang utama gedung DPRD setempat pada Rabu (4/11) 2015 yang dihadiri hampir seluruh anggota dewan dan dihadiri Wakil Bupati serta anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopinda) serta seluruh SKPD dan tamu udangan lainya.

Pantauan Lombok FM, kali ini walau Ketua DPRD, HA.Fuaddi,FT.SE tampak menghadiri sidang, namun saat itu sidang dipimpin oleh Wakil ketua DPRD, Muhammad Nasib,SP. Dalam pembukaan, pimpinan sidang menjelaskan kalau sidang tersebut dilakukan dalam masa sidang 3 DPRD tahun 2015.”Sesuai dengan catatan Sekretariat Dewan, bahwa anggota dewan yang hadir pada rapat ini sudah Qorum. Maka rapat bisa dilaksanakan,”Katanya.

Selain agenda penyampaian hasil reses, agenda sidang hari itu yakni penyampaian Pengantar Nota Keuangan dan Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lombok Tengah tahun 2016.
Secara bergiliran sesuai dengan Dapil masing-masing, anggota dewan menyampaikan laporan hasil reses yang dibacakan oleh juru bicara masing-masing.

Secara Umum masalah Infrastruktur, Pendidikan dan Pelayanan Umum masih mendominasi aspirasi.Melalui juru bicaranya Muhibban, anggota dewan Dapil I menyampaikan, walau saat ini sudah banyak guru yang telah melakukan sertifikasi, namun hal itu belum mampu menyelesaikan sejumlah masalah dan kasus yang terjadi pada dunia pendidikan.”Dalam hal ekonomi, pemberian izin berbagai bentuk badan usaha saat ini, belum mampu menyerap banyak tenaga kerja,”Katanya.

Juru Bicara (Jubir) anggota dewan Dapil II Kopang- Janapria, Tohri mengungkapkan, yang mengemuka Didapil tersebut, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka sangat diperlukan untuk dilakukan pemekaran terhadap desa yang sudah memiliki banyak penduduk dan memiliki luas wilayah yang sangat luas.”Maka masyarakat kami, mendorong agar Pemerintah segera melakukan pemekaran,”Ungkapnya.

Adapun desa yang perlu dimekarakan itu lanjut Tohri, Desa Montong Gamang, Kopang Rembiga, Dasan Baru, Loang Maka dan Desa Saba. Kepada desa-desa tersebut, Bupati diminta segera mengeluarkan Surat keputusan Bupati untuk membuat desa Persiapan.”Selain soal pemekaran desa, keberadaan Pol-PP yang ada didesa-desa karena jumlahnya seikit, maka perlu dievaluasi,”Imbuhnya.

Sementara itu, Jubir anggota dewan Dapil III Praya Timur-Pujut, Lege warman mengatakan, warganya juga aspirasikan pemekaran desa. Pemerintah juga diminta tekankan petani tembakau diperhatikan dengan baik mengingat dana DBHCHT yang dikurukan ke Lombok Tengah cukup besar. “Dan untuk mengentaskan masalah kekeringan, dalam jangka panjang pemerintah harus serius dan menekan provinsi untuk segera membangun bendungan Mujur,”Tandasnya.

Usai penyampaian laporan hasil reses oleh masing-masing Jubir dari dapil masing-masing anggota dewan, sidang dilanjutkan dengan agenda penyampaian Pengantar Nota Keuangan dan Ranperda APBD Lombok Tengah tahun 2016 oleh Wakil Bupati, Drs.HL.Normal Suzana. Dalam penyampaianya, Wakil Bupati menjelaskan, diharapkan pembahasan APBD 2016 dilakukan lebih cepat.”Pembahasan APBD ini perlu dilakukan lebih cepat agar program segera bisa dijalankan dan mamfaatnya bisa dinimkati masyarakat,”Ujarnya.

Secara detail dan lengkap, pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati menyampaikan seluruh point penting terkait dengan APBD Lombok Tengah, baik target APBD yang didapat dari berbagi umber baik yang berasal dari PAD dan yang lainya. Sekitar 30 menit lamanya Wakil Bupati membaca Nota keuangan dan ranperda APBD 2016 tersebut, hingga akhirnya, usainya pem,bacaan Wakil Bupati tersebut, mengakhiri Sidang Paripurna.|001|08|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah