Published On: Wed, Jul 20th, 2016

DPD KNPI Lotim Demo Kantor Pertanahan Lombok Timur

dibaca 849 kali
Share This
Tags

pungliRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Rabu 20/07/2016 DPD KNPI Kabupaten Lombok Timur beserta puluhan masyarakat Tanjung Luar Kecamatan Keruak demo kantor Pertanahan Lombok Timur.

Hal itu dilakukan masyarakat Tanjung Luar karena kerap kali beberapa oknum pihak kantor Pertanahan Lombok Timur melakukan dugaan pungutan liar dan sertifikat tak kunjung jadi.

Dikesempatan itu Ketua KNPI Lotim Taufik Hidayat dalam orasinya mengatakan, orang-orang kantor Pertanahan Lombok Timur semuanya sama dengan penyamun, dimana orang-orang kantor Pertanahan Lombok Timur melakukan pungutan liar kemudian sertifikat tak kunjung jadi.

Ada apa sebenarnya dengan kantor Pertanahan Lombok Timur ? Bukankah orang-orang kantor Pertanahan Lombok Timur merupakan orang-orang terhormat, tapi kenapa harus menggambarkan sikap-sikap yang membuat masyarakat menjadi geram akan perlakuan beberapa oknum orang kantor Pertanahan Lombok Timur.

Lanjut disebutkannya nominal pungutan yang dilakukan petugas kantor Pertanahan Lombok Timur dilapangan bervariasi dimana dari harga 700 ribu sampai jutaan rupiah.

‘’tapi anehnya sertifikat itu tidak selesai selesai, kinerja macam apa itu’’, sahutnya.

Diksempatan itu Eko Rahadi selaku sekretaris KNPI dalam orasinya mengatakan, tidak lebih dari beberapa oknum di kantor Pertanahan Lombok Timur itu penipu, pembohong, dalam urusan prona mereka dengan enak mengatakan, silakan bapak-bapak ibu-ibu untuk urus tanah anda karena semuanya gratis tidak dipungut biaya.

Omongan-omongan seperti itu tidak benar sebab apa, sebutnya bahwa dirinya pernah menjadi korban dalam prona, yang dimana dirinya dimintain uang tapi sertifikat sampai saat sekarang belum jadi.

‘’katanya saja gratis tapi ngurus administrasinya bapak bayar, apakah itu namanya gratis’’, cetusnya Eko.

Setelah beberapa menit dilakukan orasi pihak kantor Pertanahan Lombok Timur meminta petugas keamanan demo untuk memanggil perwakilan masa aksi agar masuk kedalam untuk dipaparkan beberapa poin penjelasan terkait tuntutan pendemo.

Kasi Pengukuran kantor Pertanahan Lombok Timur Burhanudin memaparkan apa yang menjadi tuntutan masa aksi untuk diketahui sebelumnya bahwa pihak kantor Pertanahan Lombok Timur menangani sertifikat tanah itu tidak sedikit, kemudian dalam pengerjaan pasti ada beberapa proses yang harus dilalui terlebih dahulu sehingga sertifikat itu jadi.

Saat ini lanjutnya Burhanudin sertifikat tanah yang sedang dalam pembuatan yaitu sebanyak 3000 lebih.

‘’apa yang bapak-bapak tudingkan bahwa pihak kantor Pertanahan Lombok Timur lambat bekerja, itu tidak benar, sebab dari administrasi masyarakat yang ditolak petugas berarti itu persyaratannya belum lengkap, maka disuruh untuk melengkapi terlebih dahulu’’, jelasnya.

Kemudian untuk pembayaran atau entah itu dikatakan pungutan, sebenarnya pihak kantor Pertanahan Lombok Timur sama sekali tidak melakukan hal itu sebab, kalau mengikuti secara aturan Negara memang itu harus, baik pembayaran sejak pengukuran dan sebagainya.

‘’itu sudah ada dalam aturan Negara bukan aturan kantor Pertanahan Lombok Timur, jadi jangan salahkan kantor Pertanahan Lombok Timur’’, jelasnya kembali.

Setelah mendengarkan beberapa penjelasan secara langsung dari pihak kantor Pertanahan Lombok Timur, masa aksi pulang dengan tertib. |002|029|

 

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah