Published On: Tue, Feb 11th, 2020

Dorong Minat Baca, Buku di Pusda Loteng Bisa Direquest

dibaca 3,206 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Meningkatkan minat baca di tengah perkembangan teknologi informasi dirasakan cukup sulit. Karena itu,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lombok Tengah melakukan sejumlah upaya untuk mendorong minat baca masyarakat. Upaya tersebut diantaranya adalah melakukan pengadaan buku sesuai dengan permintaan atau request dari pembaca.
 
“Kita buatkan daftar, ada yang minta novel Dilan, Milea, Tere Liye. Pokoknya buku apapun kita akan adakan yang direquest”,kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Tengah, Lalu Rinjani kepada Lombok FM, Senin (10/2) di kantornya.
 
Dia menjelaskan, pengadaan buku sesuai permintaan pembaca dengan sendirinya akan mendorong masyarakat untuk membaca buku. Untuk sementara ini, pengadaan buku difokuskan pada buku-buku sastra, buku anak-anak dan buku tentang agama Islam. Karena ketiga jenis buku tersebut paling banyak diminati oleh pembaca. “Kita fokus pada kegemaran membaca”,ujarnya.
 
Kalau melihat trend minat baca di Lombok Tengah sekarang ini sudah meningkat  signifikan dari tahun 2017 lalu. Hal itu ditunjukkan dengan tingkat kunjungan ke perpustakaan yang tembus 100 orang per harinya. “Rata-rata mereka datang waktu siang hari”,kata Rinjani.
 
Pihaknya juga menyiapkan layanan perpustakaan keliling. Terdapat dua unit mobil pintar dan satu unit kendaaraan roda tiga. Ke tiga kendaraan tersebut rutin melakukan pelayanan perpustakaan berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan tiap harinya. Salah satunya adalah hari Sabtu dan Minggu pagi tetap ada di kegiatan car free day di Alun-alun Tastura, Praya. Tepatnya berada di bawah tiang bendera. 
 
“Yang insidentil juga kita akan layani. Misalnya ada keramaian, kalau ada komunitas yang adakan kita akan datang ke sana kalau ada permintaan”,tutupnya. (07/15).

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah