Published On: Thu, Aug 27th, 2015

Dolar Naik Pengerajian Tahu Menjerit

dibaca 971 kali
Share This
Tags

f-pengerajian tahu  (1)RADIO LOMBOK FM – tingginya nilai tukar dolar terhadap rupiah, yang mencapai Rp. 14000 per dolar amerika, turut berdampak kepada para pengerajian tahu, di desa puyung jonggat lombok tengah, mereka mulai resah karena tingginya harga kedelai impor sebagai bahan baku dasar.
para pengerajinpun terpaksa memperkecil ukuran tahu mereka untuk mensiasati tingginya harga kedelai impor.

adalah ibu marhanah salah satu pengerajian tahu di desa puyung kecamatan jonggat lombok tengah, mengaku resah dengan tingginya nilai tukar dolar tehadap rupiah itu, karena mengguatnya dolar berdampak pada harga kedelai impor sebagai bahan baku pembuatan, tahu.

sebelum naiknya harga kedelai dirinya bisa membeli kedelai dengan harga 7oo ribu perkwintalnya, namun paska melemahnya rupiah terhadap dolar amerika, kini harga kedelai naik hingga sepuluh persen mencapai 800 ribu perkwintalnya, akibat kondisi seperti ini, dirinya mengaku kesulitan untuk mendapatkan bahan baku kedelai impor, sehingga dirinyapun terpaksa harus memperkecil ukuran tahu untuk mensiasati dampak penguatan dolar itu, karena jika menaikan harga tahu maka akan berdampak juga kepada animo pembeli.

‘’merasa kesulitan denga kenikan dolar ini, barang-barangpun mahal,’’ tutur marhanah.

dalam sehari para pengerajin membutuhkan satu kwintal lebih kedelai untuk memproduksi tahu,sehingga membutuhkan banyak stok kedelai setiap bulanya hingga dua ton harus disiapkan.

‘’sebelum dolar naik bisa dapat untung namaun setelah dolar naik kedelai imporpun tambah naik,’’ katanya.

Kini para pengerajin terancam gulung tikar jika pemerintah daerah dan pusat tidak mampu mengatasi persoalan ini, karena untuk mendapatkan kedalai impor sendiri mereka harus berhutang terlebih dahulu kepada suplayer kedelai, hingga puluhan juta rupiah, karena jika mencari kedelai lokal dari para petani sangat susah didapatakan, jika tidak musim panen pada saat ini mereka mengharapkan adanya subsidi harga kedelai untuk keberlangsungan usaha mereka.|003|0023|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah