Published On: Mon, Aug 24th, 2015

Dispertanak Akan Bantu Petani Dengan Program CBN

dibaca 495 kali
Share This
Tags

poto1RADIO LOMBOK FM – Kabupaten Lombok Tengah selalu mencapai target produksi padi, namun dalam segi produktifitas masih standar normal. Untuk itu, saat ini diupayakan membantu petani melalui Cadangan Benih Nasional (CBN). Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah, Ir.Hilman pada Jumat (21/8/2015)

Produktifitas saat ini baru mencapai 1,5 ton dan masih kalah dengan Provinsi Bali. Untuk di NTB Lombok Tengah dalam hal produktifitas berada dalam posisi ke 2. Untuk terus meningkatkan produktifitas saat musim kemarau saat ini, akan dicoba dengan memberikan bantuan melalui CBN. “Kita akan coba berikanitu pada para petani, tetapi itu masih dalam tahap ususlan kita,”katanya.

Selain itu bagi para petani yang masih memiliki kantong-kantong air dan juga pompa air untuk bias dimamafaatkan dengan semaksimal mungkin. Saat ini adalah musim tanam kedua dan musim panen pertama sudah berakhir dan sudah melakukan panen.”Disejumlah tempat yang saat ini mengelami kekeringan memang darah-daerah yang kurang memiliki sumber air atau kering,”imbuhnya.

Disampingi itu, wilayah-wilayah yang terkena fuso itu sangat terbatas dengan irigasi, sehingga diharapkan bagi para petani disana untuk tidak menanam padi. Tetapi biasanya para petani terpengaruh oleh curah hujan yang sesaat dan pada akhirnya berhenti hujan saat musim tanam kedua sudah selesai.”Petani itu kadang hanya coba-coba dan sudah sangat faham dengan resikonya,”tandasnya|001|0086

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah