Published On: Sun, Jan 10th, 2016

Diskusi Mewujudkan Pengelolaan SDA

dibaca 820 kali
Share This
Tags

Diskusi SDALombok Timur.lombokfm.com –  Komunitas pemuda desa yang berada di kawasan Sub-DAS Pohgading Sunggen menggelar diskusi refleksi tahunan dalam gerakan mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang baik dan berkelanjutan, kegiatan tersebut diadakan oleh Gema Alam NTB (GA NTB) di Lesehan Rindang Rasa Selong Lombok Timur kamis, 07/01/2016.

Disampaikan Zicko dalam pembukaanya selaku ketua Gema Alam NTB, “berbicara tentang desa, desa ini kaya dengan sumber daya alam, tetapi pada kenyataanya sangat ironis, misalnya di desa masih kesulitan mendapatkan air bersih dan belum merata” akuinya.

Kondisi tersebut terjadi di Desa Beririjarak, Kecamatan Wanasaba dimana masih minimnya tata kelola air bersih yang menjadi hal utama dalam mengatur dan menata kelola demi tercukupinya dan secara adil penerimaanya di masyarakat.

Samsuri aktif di organisasi Gerakan Pemuda untuk Perubahan (GAPURA), Berbagai macam pendapat di masyarakat dan kami sudah melakukan FGD di Desa Beririjarak dalam membicarakan tata kelola air bersih, upaya yang kita dorong adalah adanya perusahaan air minum desa (Pamdes) untuk memberikan pemerataan dalam mendapaatkan air bersih, akan tetapi masyarakat Desa Beririjarak menolak.

Samsuri juga menambahkan meski demikian, kami tetap melakukan sosialisasi terkait dengan hal itu sehingga sedikit demi sedikit masyarakat menerima tentang pengelolaan air bersih berupa Pamdes.

Kondisi yang serupa terjadi di Desa Jurit Baru, disampaikan salah satu tokoh perempuan Desa Jurit Baru mengatakan, “Sering terdengar sampai luar kecamatan terkait dengan air bersih di Desa Jurit Baru yakni masyarakat mengambil air di Parit, Kolam dan lain sebagainya, sehingga cukup memperihatinkan, oleh karena itu kami mengharapkan Pemerintah untuk bisa memberikan solusi untuk membuatkan bak penampungan agar air ini lebih merata dan sampai ke masyarakat.

Lanjut dijelaskan oleh Hilman dari Desa Jurit Baru, “Melihat tahun kedepan air di Desa Jurit Baru sangatlah melimpah, akan tetapi kendalanya adalah masih lemahnya pengelolaan yang belum baik.

Harapanya dari pemuda kawasan Sub-DAS Pohgading Sunggen agar pemerintah dapat memberikan bantuan jaringan perpipaan, watermeter dan bak recervoar untuk mengalirkan air bersih dari hulu sampai hilir dan dapat distribusikan secara adil dan merata, disamping itu juga segala bentuk program yang dicanangkan oleh pemerintah agar dituangkan dalam bentuk Perdes atau yang lainya. |006|004|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah