Published On: Fri, Mar 18th, 2016

DISHUTBUN LOTENG Legalisasi pemanfaatan Hutan

dibaca 426 kali
Share This
Tags

1kRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Bagi masyarakat yang saat ini mengelola lahan pinggiran hutan, informasi yang satu ini merupakan informasi yang tentu sangat ditunggu-tunggu. Pasalnya ada lampu hijau dari pemerintah untuk melegalkan kegiatan mereka yang sebelumnya dinilai melanggar hukum karena diduga melakukan penggeregahan terhadap kawasan hutan lindung. Bisa jadi ini angin segar bagi mereka.

Kepala Dinas Kehuatan Dan Perkebunan (Dishutbun) Lombok Tengah, Ir.HL.Pan Rahayu Samsor mengatakan,” masyarakat pengelola pinggiran hutan nantinya akan dilegalkan dengan diberikan izin pengeloaan dan pemamfaatan lahan pinggir hutan tersebut.”Sejumlah koperasi beberapa waktu lalu juga diberikan ijin pengelolaan. Nah kita juga akan berlakukan hal yang sama,”Jelasnya.- kepada Lombok FM, Kamis 17/3/2016.

Enam koperasi diwilayah utara lanjut Kadis, telah diberikan izin HTR atau Hutan Tanaman Rakyat. Jadi dipinggiran hutan itu, bisa ditanami oleh warga yang bersangkutan dengan menanam jagung dan bahan pangan pokok lainya. Namun hal itu tandas Pan Rahayu, tergantung dari pemerintah pusat.”Jadi kita terus melakukan pembinaan terhadap mereka dan tidak benar kami melakukan pembiaran,”Tandasnya.

Pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk melestarikan hutan tersebut dengan melakukan penghijauan. Dimana ada banyak peran-peran masyarakat dalam melakukan penghijauan kemabali terhadap hutan tersebut sehingga tetap terjaga kelestarianya, walau dimamfaatkan pinggiranya oleh masyarakat.”Jadi ditengah hutan kita menanam pohon yang tidak diminati batangnya seperti trembesi dan berigin. Ini strategi kita agar pohon tidak ditebang,”Ungkapnya.

Untuk tahun ini lanjut Pan Rahayu, disamping telah menyiapkan trembesi untuk 300 hektar hutan ada juga sekitar 200 hektar untuk pengayaan untuk wilayah utara dan selatan. Untuk wilayah utara ada durian dan ditambah dengan pohon berbuah yang bisa dimakan lainya.”Hutan kita yang rawan digarap pinggiranya oleh masyarakat itu dikawasan hutan Mareje Bongak dan sejumlah pinggiran hutan diutara,”Pungkasnya.|001|9

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah