Published On: Tue, Nov 17th, 2015

Dinas Kesehatan Sosialisasi Tentang Kawasan Tampa Rokok

dibaca 925 kali
Share This
Tags

akibat rokokLOMBOK TIMUR,lombokfm.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur mensosialisasikan peraturan daerah provinsi NTB no 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) kepada kalangan pelajar dan tokoh masyarakat Lombok Timur, Senin 16/11/2015.

Kepala seksi promosi kesehatan Kabupaten Lombok Timur LL. Hasanuddin saat di temui lombok fm diaula kantor camat Suela Lombok Timur mengatakan,”Sosialisasi ini juga bertujuan memberi informasi kepada pelajar dan tokoh masyarakat tentang penyakit dampak rokok,”ungkapnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Kepala Desa. Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Suela.

Pihaknya mengakui setiap tahun jumlah perokok muda terus bertnambah sehingga perlu disosialisasikan dampak merokok dan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) tersebut.

Merokok, lanjut Hasanuddin, berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung koroner, kanker paru, mulut, tenggorokan, stroke, impotensi, gangguan kehamilan, janin dan lainnya.

“Satu batang rokok terdapat 4.000 bahan kimia beracun dan 69 di antaranya bersifat karsinogenik yang menyebabkan kanker,” jelasnya.

Selain berdampak terhadap kesehatan, kata dia, orang tua wajib mewaspadai dampak sosial dan ekonomi bagi generasi muda yang merokok.

“Dalam konteks sosial, pelajar yang merokok biasanya akan mendapatkan masalah keuangan, mereka yang tak berduit bisa saja nyolong untuk pembelian rokok yang mereka konsumsi,” katanya.

Dampak ekonomi yang akan dirasakan, menurutnya, adalah kecanduan pada generasi muda yang akan lebih mementingkan merokok daripada menggunakan uangnya untuk membeli keperluan yang lebih penting.

Sementara itu, terkait Perda KTR diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan bagi perokok pasif yang terpapar asap rokok dapat mengganggu kesehatan.

Ia menambahkan bahwa untuk kawasan yang ditetapkan sebagai KTR sesuai Perda tersebut yakni fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum.

“Dengan sosialisasi ini pemahaman pelajar dapat disebarluaskan kepada teman, keluarga maupun masyarakat umum,” ungkapnya. |006|020|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah