Published On: Tue, Sep 1st, 2015

Dilihat Dari Koordinat Jelas Nambung Masuk Lombok Tengah

dibaca 825 kali
Share This
Tags

ooRADIO LOMBOK FM – Bila mengacu dari titik koordinat, maka jelas Dusun Nambung yang saat ini diklaim sebagai wilayah Lombok Barat, masuk ke wilayah territorial Kabupaten Lombok Tengah. Demikian disampaikan Camat Praya Barat Daya, H.Kamarudin,SH pada Senin (31/8/2015)

Selain itu lanjut Kamaraudin, warga yang ada di Dusun Nambung tersebut asli warga Lombok Tengah dan masuk ke wilayah Desa Montong Ajan Kecamatan Praya Barat Daya. Sementara, Lombok Barat mengklaim wilayah itu masuk kedalam wilayah Desa Bun Mas kecamatan Sekotong.”Jadi dari segi nama dan budaya serta bhasa warga disan itu adalah bahasa sasak khas Lombok tengah,”imbuhnya.

Sejumlah administrasi warga seperti keterangan tanah seperti pipil juga dikeluarkan oleh Lombok Tengah. Hanya saja sebagian warga disana lanjut Camat, selama ini mendapat pelayanan penuh dari desa Bun Mas Lombok Barat tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bagian Administrasi pemerintahan Umum (APU) Sekda Lombok tengah, Drs.HL.Aknal Effendi menyatakan, dalam waktu dekat ini, pihak pemerintah Provinsi NTB telah mengundang seluruh kabupaten dalam sebuah rapat untuk mebicarakan hal tersebut.”Tetapi dalam undangan itu memang tidak spesifik membahas soal Nambung,”katanya.

Namun demikian, sejumlah bahan dan materi terkait dengan perbatasan tersebut lnajut HL.Aknal, sudah disipakan untuk disampaikan pada rapat tersebut. Karena walau pernah difasilitasi oleh pihak provinsi, namun kedua belah pihak saat ini masih mempertahankan argumentasi masing-masing.”Dari segi sejarah kita memang punya bukti, namun Lombok Barat melakukan invansi terlebih dahulu dengan membangun sebuah SD dan juga dengan pelayanan,”tandasnya.|001|0102

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah