Published On: Wed, Jul 20th, 2016

Dikpora Lombok Utara Minta Pendaftar LPDP Cari Kampus Lebih Awal

dibaca 736 kali
Share This
Tags

lpdpRADIO LOMBOK FM, Lombok Utara-Tindak lanjut kerjasama Pemkab Lombok utara dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bernaung dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), saat ini sudah terdapat 70 orang pendaftar.

Hanya saja, puluhan pendaftar itu diharapkan mencari kampus terlebih dahulu.

Diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) KLU, Suhrawardi, mencari kampus lebih dulu bagi pendaftar bisa memudahkan proses toefl yang dilaksanakan di Jakarta.

Umpamanya, jika pendaftar bisa diterima oleh Universitas di luar negeri, proses toefl bisa dilakukan belakangan. Sebaliknya dengan Universitas yang berada di tanah air.

‘’Itu (Mendapatkan Kampus) bisa digunakan mendaftar di LPDP tanpa menunggu toefl. Tetapi harus membawa bukti jika dia diterima di kampus tersebut,” ungkapnya kepada RADIO LOMBOK FM, Selasa (19/07/2016) kemarin.

Dijelaskannya, tetapi pendaftar tidak bisa sembarangan mencari calon kampus, pasalnya, LPDP sendiri telah membatasi Universitas yang bekerjasama dengan lembaga tersebut.

Di dalam negeri misalnya, sebanyak 29 Universitas yang telah bekerjasama diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan masih banyak lagi.

Di luar negeri, jumlahnya lebih banyak yakni sekitar 200 Universitas.

‘’Selain itu juga dilihat klasifikasinya, kalau pelamar kebutulan kerja di (Senggigi,red) kan lebih memudahkan. Tapi ingat, jangan mendaftar di Universitas selain yang ditetapkan LPDP,” jelasnya.

Menurut Suhrawardi, dari 70 pendaftar terdapat berbagai macam profesi. Mulai dari PNS hingga mahasiswa yang telah mendapatkan gelar S1.

Bahkan, tercatat ada pula yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S3. Oleh karenanya, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan kembali pendaftar guna diberikan pembekalan.

‘’Kita akan kumpulkan lagi untuk membekali kemampuan bahasa Inggris mereka. Intinya kita akan uji dulu, karena yang berhak menyetujui dan tidak kan LPDP,” katanya.

‘’Semoga bisa segera diverifikasi dan nama-nama itu bakal dikirim ke LPDP,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Test of English as a Foreign Language (Toefl) adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke Universitas luar negeri.

Jenis tes bahasa Inggris toefl ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Dunia baik untuk program S1 maupun S2 dan S3.

Hasil tes toefl ini, juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain.

Secara umum, tes toefl lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English.

Tidak seperti tes IELTS, tes toefl ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu, toefl pada dewasa sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.(005|007).

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah