Published On: Sat, Oct 10th, 2015

Dikotomi Pendidikan Antara Lembaga Swasta dan Negeri

dibaca 1,678 kali
Share This
Tags

eeRADIO LOMBOK FM – Jika di lihat dari amanat Uundang-Undang Dasar 1945 tentang pendidikan nasional yang tertuang dalam Permen Nomor 23 tahun 2009 tentang sistem pendidikan nasional, secara garis besar mengamanatkan bahwa sistem pendidikan nasional tidak membedakan kedudukan antara sekolah swasta dengan negeri.

akan tetapi dalam implementasi UUD tersebut, masih ditemukan adanya dikotomi atau perbedaan perlakuan pemerintah terhadap lembaga pendidikan negeri dengan lembaga pendidikan swasta, baik dari segi anggaran maupun dari segi lainnya.

Harli, SPd, salah seorang dosen STKIP Hamzar Lombok Utara, sabtu [10/10/15] mengatakan,”Salah satu contoh adalah, bagaimana program pendididkan lebih mengarah kepada sekolah-sekolah negeri,kita katakan segala usulan/program-program yang diusulkan oleh seklolah swasta ini, seringkali sulit bisa terealisasi dengan berbagai alasan,Salah satu alasan klasik adalah karena jumlah pendidikan sekolah swsata lebih besar sehingga tidak bisa terakomodir”,ungkapnya.

Dikatakan, Perbedaan yang substansial dapat dilihat dari segi bangunan fisik sarana dan prasarana.dan sekolah swasta ini dibangun oleh masyarakat atau yayasan sesuai dengan kemampuannya, sehingga beberapa sekolah rintisan khususnya di Kabupaten Lombok Utara baru bisa dibantu pemerintah setelah beberapa tahun berdiri.

Di katakan Harli”Memang ada beberapa sekolah swasta juga dalam waktu singkat ada yang mendapat bantuan, itu karena ada faktor yang dianggap lebih oleh pemerintah atau pejabat yang berwenang, Dan satu kelemahan kita di NTB, khususnya di Lombok Utara, sebagian besar beranggapan bahwa sekolah swasta adalah sekolah orang miskin atau sekolah pinggiran”, ungkap Harli.

Padahal, lanjut Harli, lembaga pendidikan swasta jika diperlakukan sama,secara intelektual tidak akan kalah dengan sekolah negeri,seperti dalam lomba atau even-even sekolah. Tapi seringkali diperlakukan tidak sama seperti penjurian dalam lomba lebih didominasi oleh sekolah negeri,ungkapnya.

Harli berharap kepada pemerintah, terutama instansi terkait, untuk memperlakukan antara sekolah swasta dengan negeri sama, baik dari segi bantuan sarana-prasarana ataupun pembinaan lainnya, sehingga tidak terkesan adanya perlakuan tidak sama atau dikotomi pendidikan antar swasta dengan negeri.|004|039|

      73-VOICE-HARLI-SPd-Dikotomi-Pendidikan

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah