Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Dikes KLU Sebut Tiga Indikator IPKM

dibaca 813 kali
Share This
Tags

Kadis-Kesehatan,-dr-H-Moh_BLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, H. Beny Nugroho, mengatakan, ada tiga indikator penting  dalam Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) yaitu, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan pada rapat koordinasi desa di Bentek Kecamatan Gangga, kemarin, Menurutnya, pendidikan dan kesehatan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, lantaran keduanya paling menunjang ekonomi masyarakat.

Keberadaan petugas kesehatan, kata Beny merupakan tanggungjawab untuk melayani masyarakat KLU dalam melahirkan putra putri untuk memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik.

Terkait dengan keparadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ia berharap agar bisa didirikan pada setiap dusun, karena dengan keberadaan PAUD  dapat melahirkan sertifikasi imunisasi, sehingga data kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan hingga data balita dapat singkron untuk menuju kesempurnaan program kesehatan.

Ia juga menjelaskan, sebaran penyakit di wilayah KLU, antara lain penyakit ISPA, gastritis, rheumatik, penyakit kulit infeksi, penyakit lain pada saluran pernapasan atas, penyakit kulit alergi, diare, hipertensi, gigivitis dan penyakit periodental, dan kecelakaan.

Khusus di Desa Bentek, masih ditemukan anak Bawah Garis Merah (BGM) sesuai hasil penimbangan bulan September 2015 lalu.  “Data ini menggambarkan tentang masih rendahnya pengetahuan masyarakat sekitar dan tentang pentingnya kebersihan,” jelasnya.

Rakordes yang yang dilanjutkan dengan diskusi panjang ini dihadiri Kepala Desa, semua kepala dusun, kader posyandu dan anggota penanggulangan bencana Desa Bentek serta tokoh masyarakat setempat. |004|121

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah