Published On: Tue, May 30th, 2017

Diduga Sakit Jiwa Seorang Ibu di Amankan Pol PP

dibaca 249 kali
Share This
Tags

f2RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Orang gila yang kelayapan di area kota cukup mengganggu terlebih dari sejumlah orang gila tersebut memiliki pembawaan yang berbeda – beda,mereka ada yang suka melempar batu tidak karuan, ada yang memarahi orang disekitarnya bahkan ada yang merusak.

Namun apapun modelnya orang gila pada umumnya tetap akan diamankan oleh aparat terkait, dan kembalikan ke keluarganya, Kasi Operasi Dalam Pengendalian [Opdal] Dinas Satuan Pol PP L. A. Purwadi menjelaskan pihaknya bagian pengamanan saja untuk orang-orang gila tersebut, seperti tadi lanjutnya ia mendapat laporan dari warga sekitar yang merasa terganggu hingga ahirnya ia memerintahkan anggota untuk mengamankannya, kemudian diserahkan ke keluarganya. ‘’Kita tidak ada wewenang untuk menampung orang gila, tapi kita hanya mengamankan saja kemudian kita bawa ke puskesmas dan nanti didata oleh Dinas Sosial dan diserahkan ke keluarganya’’, jelasnya.

Kemudian kenapa harus ditertibkan meski orang gila itu tidak mengganggu dijelaskan Purwadi pada dasarnya setiap orang berbeda-berbda dalam arti siapa tau didekat orang gila itu ada orang yang pobianya terhadap orang gila sehingga pasti akan menimbulkan rasa ketakutan berlebihan, menjaga dari rasa aman dimasyarakat yang merasa terganggu maka Pol PP akan lakukan penertiban,ungkapnya.

pada umumnya penertiban orang gila ini ada prosedurnya saat mulai diamankan, kemudian dibawa ke puskesmas dimana wilayah ditemukan orang gila tersebut,untuk diuruskan administrasinya, baik BPJS nya kalau tidak punya BPJS dan mengurus surat tidak mampu, setelah itu kemudian dibawa pulang kerumahnya.

Terkait penanganan orang gila itu sendiri seperti komentar Kabid Pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan Dikes Lotim Dr. Kurnia Akmal tidak lama ini mengatakan memberikan perhatian selayaknya orang normal lainnya, kemudian harus orang gila ini dikembalikan ke keluarganya tanpa ada pemasungan seperti program yang sudah dicanangkan pemerintah sebelumnya. ‘’Orang gila itu pasti ada keluarga, dan kita akan kembalikan ke keluarganya’’, jelasnya.

Kemudian mengenai perawatan selanjutnya, dari pihak keluarga bisa menguruskan admnistrasi kesehatannya, tak hanya itu pihak keluarga juga bisa berkoordinasi dengan dokter yang merawatnya saat ditangani di puskesmas, tujuannya untuk mempermudah pihak keluarga mendapatkan obat apabila sudah habis. ‘’dan Harus tetap koordinasi dengan pihak puskesmas setempat untuk keperluan kesehatannya apabila ada satu dari saudara dikeluarga itu mengalami gangguan kejiwaan’’, tutupnya.|002|050|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah