Published On: Thu, May 12th, 2016

Diduga Pungli Prona oknum Kades Ditetapkan jadi Tersangka

dibaca 1,501 kali
Share This
Tags

arjunaRADIO LOMBOK FM, LOMBOK TENGAH. Sat reskrim Polres Lombok Tengah tetapkan, oknum kepala desa dengan inisial F ditetapkan sebagai tersangka, terkait dugaan kasus pungutan liar (pungli) dalam program operasi nasional Agraria (prona) tahun 2014 silam.

Hal itu ditegaskan Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Arjuna Wijaya yang menyatakan jika pihaknya, telah menggelar kasus prona tersebut secara internal. Hasilnya berdasarkan bukti-bukti serta kesepakatan bersama, pelaku yang dilaporkan, telah ditetapkan menjadi tersangka. “keputusan ini menjadi hasil gelar kita bersama di reskrim,” tegasnya kepada Lombokfm, 12/05.

Mantan kasat narkoba Polres Lotim ini , menjelaskan dalam kasus pembuatan sertifikat gratis ini, pihaknya sudah memeriksa sekitar 60 orang dari jumlah penerima prona sebanyak 150 orang Dan dari keterangan mereka, bahwa memang benar adanya pungli yang dilakukan oleh oknum kades tersebut.

Padahal, dalam program yang dikucurkan bagi masyarakat miskin, dari pemerintah pusat itu gratis. “dalam kasus ini Masyarakat diminta per satu sertifikat sebanyak Rp 600 ribu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan bukti berkas serta keterangan dari semua penerima, pihaknya berani gelar perkara dan menetapkan terlapor menjadi tersangka, Sementara itu, Camat Praya Tengah, M Sahri menyatakan, kalau pihaknya dari kecamatan tidak menangani prona, hal itu  sudah ranahnya kepolsian dan kejaksaan.

Tetapi pihaknya hanya bisa menyarankan kedepannya untuk semua desa bila menerima program itu masukkan anggaran APBDES supaya masyarakat merasa terbantu. Kalau itu sudah dilakukan tidak ada jalan buat masyarakat menganggap kades korupsi. “hal itu merupakan langkah transparansi masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah oknum Kades Desa tersebut, saat dikonfirmasi melalui handphonenya menyatakan jika saat ini dirinya sedang berada di luar daerah mengikuti kunjungan kerja, , namun dirinya sudah menyerahkan bukti- bukti musyawarah serta kesepakatan dengan masyarakat dalam program prona tersebut. |003|007|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah