Published On: Wed, Jan 25th, 2017

Di Lotim Bau Nyale Berubah Branding Menjadi Festival Kaliantan

dibaca 305 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Perayaan Bau Nyale yang digelar sekali dalam setahun  di pantai Kaliantan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok  Timur (Lotim) kini berubah branding menjadi Festival Kaliantan. Kendati berubah brending namun kegiatan bau nyale tetap dilakukan sebagaimana biasa dilakukan sebelumnya oleh masyarakat Lotim, alasan nama kegiatan bau nyale berubah menjadi festival Kaliantan karena sudah terlanjur terslebih dahulu Kabupaten Lombok Tengah yang menggunakan branding event bau nyale tersebut, demikian diterangkan Kabid Pengembangan Kapasitas Kantor Pariwisata Lotim Ahyak Mudin kepada RADIO LOMBOK FM, Selasa (24/01/2017).bau

‘’Hanya nama event saja yang berubah namun pelaksanaannya sama yaitu bau nyale’’, jelasnya.

Diharapkan di acara festipal Kalintan nantinya menghadirkan atau mempertontonkan kegiatan orang-orang terdahulu dalam penyambutan acara bau nyale, sebab dulu banyak sekali tontonan yang dipersembahkan bagi masyarakat atau pengunjung yang nilainya sangat berpotensi untuk memikat daya tarik para wisatawan asing salah satunya betimbalan pantun, dan masih banyak lainnya.

Dengan harapan itu Ahyak mengajak kepada masyarakat agar apa yang menjadi kegiatan dalam penyambutan festipal Kaliantan tersebut bisa kembali dimunculkan. Karena kalau hanya acara tersebut di adakan konser party tentu daya nilai jualnya tidak ada, bahkan pelaksanaan tersebut tidak menjadi menarik.

‘’Kita harapkan agar apa yang menjadi acara-acara orang terdahulu dalam meramaikan bau nyae bisa ditampilkan, jangan hanya ada konser yang tidak ada nilai jualnya bagi masyarakat atau para wisatawan asing’’, jelasnya.

Kemudian mengenai anggaran lanjutnya, semenjak diresmikannya OPD baru maka untuk penganggaran kegiatan festipal Kaliantan tidak lagi di dinas pariwisata melainkan yang menangani anggarannya yaitu di Dinas Kebudayaan atau di Pendidikan dan Kebudayaan.

Akan tetapi pihak pariwisata tetap akan mendukung apapun yang menjadi program budaya, karena dinas pariwisata merupakan sebagai wadah untuk terus melakukan promosi-promosi kegiatan, katanya Ahyak.|002|037|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah