Published On: Tue, Jul 3rd, 2018

Desa Wisata, Gaet Wisatawan Ditengah Persaingan

dibaca 464 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Konsep desa wisata sebagai produk unggulan tourizm menggaet arus wisatawan ke Lombok Barat (Lobar), NTB kini tengah dikembangkan sebagai sebuah produk wisata inovatif ditengah persaingan menggaet wisatawan sebanyak-banyaknya berkunjung ke daerah yang dikenal dengan moto pembangunan “Patut Patuh Patju” ini.

Sebelumnyadi awal tahun 2017 lalu, Desa Sesaot, Desa Pakuan dan Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada yang secara bersama-sama disebut sebagai Desa Sekawan Sejati terus berinovasi meningkatkan daya tariknya.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid berharap agar desa wisata dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB. Seluruh desa juga diharapkan dapat lebih inovatif untuk mengembangkan sumber daya alam, pertanian, budaya serta menyiapkan kebutuhan wisatawan. Silahkan kembangkan potensi yang ada dengan tetap menjaga nilai budaya keagamaan,” kata Fazan Khalid di Lombok Barat, Selasa (3/7) yang unggul dalam Pilkada Bupati-Wakil Bupati Lobar (27/6) lalu.

H. Fauzan Khalid yang biasa disapa Ojan ini juga menyatakan keseriusannya menjadikan industri pariwisata sebagai produk terdepan di wilayahnya. Secara bertahap pembenahan dan inovasi terus dilakukan. Ia juga menekankan agar potensi lokal untuk kebutuhan wisatawan terus ditingkatkan.

“Kebutuhan wisatawan harus disiapkan 50 persennya dari potensi lokal sebagai penunjang dan daya tarik wisatawan, seperti fasilitas pendukung, kuliner dan kebutuhan lain agar wisatawan betah untuk berlibur,” tegas suami dari Hj. Khairatun ini.

Selain Buwun Sejati, bupati merencanakan juga menetapkan kawasan Gunung Sasak sebagai destinasi wisata alam yang baru di Lombok Barat. “Gunung Sasak kita jadikan destinasi wisata baru dan kita bangun rukyatul hilal di atasnya,” kata mantan Ketua KPU NTB ini.

Desa Buwun Sejati secara resmi mengenalkan konsep Desa Wisata kepada masyarakat. Desa Buwun Sejati terdiri dari lima dusun, di mana tiap dusun memiliki potensi masing-masing. Diantaranya seni budaya, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Selain dapat menikmati keindahan alam dan budaya Lombok, di sini para wisatawan juga dapat menyaksikan wujud toleransi beragama yang dijalankan oleh para warganya. Konsep Desa Wisata di Desa Buwun Sejati tercetus dari Kepala Desanya, Bambang Kurdi Sartono. Potensi yang beragam dan melimpah di desanya membuatnya optimis desa yang dipimpinnya dapat berkembang.

“Desa Buwun Sejati memang kaya potensi. Saya yakin desa ini akan maju dan berkembang jika dibangun dengan kebersamaan dan semangat,” demikian Bambang. (07/003)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah