Published On: Tue, Oct 27th, 2015

Desa Teratak Tidak Terkena Dampak Kekeringan

dibaca 766 kali
Share This
Tags

kekeringanLOMBOK TENGAH,lombokfm.com– Disaat wilayah lain dilanda kekeringan, sejumlah wilayah Lombok Tengah yang ada dibagian utara, ternyata tidak merasakan dampak kekeringan sama sekali. Air untuk kebutuhan minum dan mandi serta untuk airi sawah tetap terpenuhi seperti biasa.

Salah satu wilayah itu, yakni Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara. Didesa itu, air selokan tetap tampak mengalir seperti biasanya. Swah-sawah terlihat hijau dengan tanaman padi yang subur dengan pohon-pohon yang rindang.”Alhamdulillah desa kami tidak terkena dampak kekeringan. Sejauh ini walaupun hujan tidak pernah turun, namun air masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari,”Kata Sanusi 45 tahun pada Senin (26/10)2015 kepada Lombok FM.

Hal itu menurut Sanusi, akibat dari kesadaran masyarakat yang selalu menjaga hutan hingga terus lestari. Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Dinas terkait juga kerap turun ke masyarakat dengan terus memberikan pengertian bertapa pentingnya menjaga hutan.”Inilah yang membuat air selalu mengalir ke desa kami. Hutan-hutan yang ada diatas sana, selalu kami jaga dengan melakukan penghijauan,”Imbuhnya.

Selain pihak dengan Dinas terkait, salah satu lembaga yang juga intens membantu masyarakat melestarikan alam diwilayah utara yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Tengah. Perusahaan tersebut, setiap tahun selalu memiliki program yang mengarah pada pelestarian alam.”Ini juga berkat support dari PDAM yang selalu mengajak kita semua untuk menjaga hutan agar mata air juga tetap lestari,”Tambah warga lainya, Herman 39 tahun.

Direktur PDAM Lombok Tengah,HL.Kitab via phone celulernya mengatakan, pihak PDAM memang mendukung setiap kegiatan masyarakat khusunya diwilayah utara untuk menjaga kelestarian hutan. Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab PDAM, terhadap apa yang sudah diberikan wilayah tersebut kepada seluruh warga Lombok Tengah.”Kami memang melibatkan langsung masyarakat dalam setiap kegiatan pelestarian hutan tersebut. Alhamdulillah hal itu kini kita semua rasakan hasilnya, walau baru hanya diwilayah utara. Namun dahsyatnya musim kemarau ini, tak mampu kita bending berakibat kekerungan air diwilayah lain,”Singkatnya.|001|050|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah