Published On: Mon, Jul 25th, 2016

Desa Sukarara Adakan Upacara Umbak Dese

dibaca 892 kali
Share This
Tags

upacaraRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah-Warga  desa Sukarara jonggat Lombok Tengah, gelar upacara dan karnaval umbak dese atau penyerahan benang  bahan baku tenun kain songket Sukarara,  25/07/2016.

Umbak dese merupakan ritual yang dilakukan oleh para tokoh adat dan tokoh masyarakat desa setempat mengarak umbak  dese atau benang yang sudah di Ngane atau dipintal dari kapas menjadi  gumpalan benang.

Upacara Umbak Desa dan karnaval  diikuti oleh semua warga desa terutama semua anak-anak dari segala umur dan jenjang pendidikan.

‘’ hari ini kami laksanakan festival umbak desa yang diikuti oleh kurang lebih ratusan masyarakat di desa ini, tutur timan kepala desa Sukarara

Upacara dan karnaval dilakukan dimulai di kantor desa Sukarara yang merupakan simbol dari rumah datu atau pemimpin desa setempat yang diarak keliling kampung dengan diikuti oleh semua masyarakat yang menggunakan pakaian adat dan songket khas desa sukarara.

Dari penuturan Timan, Umbak  Desa merupakan ritual sakral yang ada di desa mereka yang tetap dilaksanakan di setiap bulan syawal atau setiap hari jadi desa Sukarara. Makna dari ritual ini menurut para tokoh adalah Umbak Dese atau memuliakan benang yang dijadikan bahan baku pembuatan songket desa Sukarara yang terkenal di seluruh antero dunia, yang diistilahkan sebagai seorang anak yang harus dijaga dan dipelihara supaya kelak menjadi pemimpin dan yang meneruskan perjuangan untuk melestarikan kain songket desa Sukarara.

‘’ umbak dese itu seperti anak yang harus dijaga dan dirawat suapaya nanti mereka menjadi penerus  untuk melestarikan kain songket’’ ungkap timan

Setelah dilakukan upacara kain yang sudah di Ngane itu kemudian diserahkan kepada para tokoh adat yang nantinya akan diberikan kepada para penyesek atau penenun untuk dibuat menjadi kain tenun khas desa Sukarara. |003|02|

 

 

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah