Published On: Sun, Mar 20th, 2016

Desa Mekar Sari Kerap Dikunjungi Warga Asing

dibaca 815 kali
Share This
Tags

8kRADIO LOMBOK FM , LOMBOK TIMUR- Desa Mekar Sari Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur, acap kali dikunjungi orang asing. Kunjungan tersebut biasanya untuk tujuan penelitian dan pengkajian. Sejak tahun 2015 hingga 2016 ini sudah banyak para peneliti luar negeri injakkan kaki di tempat ini.

Demikian disampaikan Ujip ketua kelompok hutan Rindu Alam, ia mengatakan “ di desa kami sudah mulai banyak para peneliti luar negeri ataupun dalam negeri berkunjung dan lakukan penelitian” ungkapnya pada RADIO LOMBOK FM Jumat 18/3/2016.

Ia Melanjutkan, pada akhir 2015 lalu warga Timor Leste secara rombongan duduki desa kaki Gunung Rinjani ini. Mereka lakukan penelitian tentang sejauh mana ketergantungan warga dalam pengelolaan sumber daya alam desa.

Kemudian diawal 2016 ini, salah seorang peneliti dari Republic Ceko singgah juga melakukan penelitian dan pengkajian mengenai sumber daya alam yang ada. Dosen Unram dan Universitas Arizona juga pernah melakukan penelitian terkait pengelolaan sumber daya alam dan konsep membangun kesetaraan gender.

Hingga bulan mendatang tepatnya pada bulan april, rencanya satu rombongan dari Gunung kidul kujungi desa yang sarat sumber daya ini.

Desa yang memilki sumber daya alam hutan, panorama alam dan berbagai situs sejarah perkembangan islam dan munculnya pejuang sasak juga ada di tempat ini.

Dari sekian banyak potensi yang terpendam pada desanya, Ujip berharap ini terus dikembangkan. “kami berharap dengan adanya potensi di desa kami, ada lembaga terus membina kami dalam mengelola sumber daya yang ada” papar Ujip. |006|029|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah