Published On: Tue, Jun 20th, 2017

Densus 88 Berhasil Bekuk Terduga Teroris di Bima

dibaca 200 kali
Share This
Tags

3kRADIO LOMBOK FM, Mataram- Sebelum sempat melakukan pengeboman dengan sasaran kantor polisi di Bima, Densus 88 Antiteror menangkap tiga orang terduga teroris di Bima Nusa Tenggara Barat pada Jumat, 16/06/2017. Diantaranya, KNW usia 23 tahun asal Bima, NH usia 21 tahun asal Bima dan RH. Wakapolda NTB, Kombes Pol. Imam Margono mengatakan berdasarkan keterangan dari tiga orang terduga teroris itu, juga berafiliasi pada kelompok teroris ISIS.

“Dan tersangka mengaku, pada malam 17 Juni 2017 akan melakukan percobaan peledakan di jalan lintas Dore Talabiu Bima, apabila sukses, maka akan melakukan penyerangan Mapolsek Woha, kan jaraknya dekat, dengan cara melemparkan bom rakitan, tapi sebelum menjalankan niatnya yang bersangkutan sudah tertangkap oleh tim densus 88 yang bekerjasama dengan Sat Brimob NTB”, ungkap margiono pada saat press release di Mapolda NTB (19/06/2017).

Dari penangkapan para terduga teroris tersebut, polisi menyita barang bukti yang diduga sebagai bahan baku pembuatan bom rakitan, dan dari penemuan barang bukti itu maka telah memenuhi unsur perbuatan tindak pidana terorisme berupa perencanaan penyerangan personil dan kantor Polisidi Bima dengan menggunakan bom rakitan.

Dari keterangan sementara terduga teroris KNW, mereka merupakan bagian dari kelompok jamaah Ansyarud Daulah Bima yang telah berbaiat pada ISIS.

“Kelompok ini telah siap menyerang berbagai tempat yang telah disurvey dan design dengan cara melumpuhkan anggota Polri yang bertugas di Mapolsek Woha, dengan tujuan untuk merebut senjata api. Kedua melakukan pengeboman Mapolsek Woha, Ketiga melakukan Pengeboman Mapolsek Bandara Bima, Keempat melakukan pengeboman Mapolres Bima”, imbuh Margiono.

Bom yang dirakit oleh para terduga teroris merupakan bom dengan daya ledak tinggi atau primer high explosive yang telah dirangkai dengan rangkaian elektronik atau telah dimodifikasi sebagai bom rakitan yang dioperasikan dengan hand phone, dan rangkaian jebakan rakitan yang terbuat dari penjepit baju.

Terduga teroris itu menerangkan telah mendapatkan ilmu merakit bom dari internet yang direlease oleh ISIS melalui link di group telegramnya Baharudin Niam.

Saat ini para terduga teroris tersebut masih diamankan di markas Brimob Polda NTB guna pemeriksaan lebih lanjut.|006|008|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah