Published On: Tue, Sep 1st, 2015

Dengan Sumur Bor Masalah Kekeringan Bisa Dipecahkan

dibaca 1,317 kali
Share This
Tags

yaRADIO LOMBOK FM – Salah satu cara mengatasi kekeringan yang saat ini sedang melanda sejumlah wilayah di Lombok Tengah yakni dengan membuat sumur bor. Demikian disampaikan salah seorang anggota DPRD Lombok Tengah, Marjun pada Senin (31/8/2015)

Apalagi itu merupakan wilayah selatan yang secara geografis air tanah sangat tidak ada diatas permukaan tanah. Sehingga salah satu caranya untuk mendapatkan air dengan digali sedalam mungkin.”Dengan sumur manual biasa bisa-bisa saja namun dalam hingga 15 meter. Dan ini sangat menyulitkan,”katanya.

Untuk eksekusi pengadaan pembangunan sumur bor tersebut lanjut Marjun, caranya yakni dengan mendorong pihak terkait dalam hal ini pihak PU-ESDM untuk membuat perencanaan dan juga menyelnggarakanya.”Teapi ini kayaknya pada tahun 2016 nanti bisa direalisasikan,”tukasnya.

Selain bisa untuk minum dan memasak, bisa juga untuk keperluan irigasi. Hal itu telah dibuktikan oleh sejumlah desa yang telah menggunakan sumur bor tersebut. Karena 2 waduk besar yakni Batujai dan Pengge airnya justeru banyak ke Lombok Barat.”Dengan kedalaman hingga 100 meter lebih maka air yang bisa didapat tak terhingga,”jelasnya.

Namun demikian, kebutuhan ideal yang bisa efektif untuk masing-masing desa sebanyak 5 buah sumur bor. Anggaran untuk sumur bor ini sesuai dengan kedalaman tanah dimana air tanah bisa ditemukan.”Antara Rp.25 juta hingga Rp.200 jutaan per sumur bor, tergantung dari kedalamanya,”tandasnya.|001|0101

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah