Published On: Fri, Sep 16th, 2016

Debit Air Dam Pandan Dure Menurun

dibaca 134 kali
Share This
Tags

pandandureRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Air Bendungan Dam Pandan Dure saat ini terlihat sangat sedikit. Debit air yang ada menurun dari persedian sebelumnya.

Berkurangnya debit air tersebut disebabkan oleh banyaknya pemanfaatan air dam Pandandure. Wajarlah saat ini juga sedang musim kering demikian diungkapkan oleh Pamungkas Kariadi selaku koordinator Bendungan Dam Pandan Dure kepada RADIO LOMBOK FM, Rabu (14/09/2016).

Lanjut dijelaskannya, tampungan yang biasa di Pandan Dure ini capai kisaran 29 Juta meter kubik, dengan kondisi sekarang hanya tersisa 5,5 Juta meter kubik. Dengan debit sebanyak itu tentu sangat kurang.

‘’sangat prihatin memang melihat kondisi ini’’, katanya.

Terkait jadwal pemasukan air dari aliran air yang ada di atas bendungan sudah terjadwalkan dengan bendungan lainnya. Pandan Dure sendiri dalam sebulan di airi selama 9 hari. Masuk air yang diperkirakan perdetik yaitu 1,5 sampai 1,8 meter kubik. Sedangkan untuk pengeluaran 3 meter kubik perdetik.

‘’melihat pemakaian kita dengan pemasukan air ini sangat minim’’, jelasnya kembali.

Kemudian lanjutnya berbicara hujan belum tentu untuk bisa memenuhi target pengisian air sebab kalau hujan hanya sekitar bendungan tentu tidak besar pengaruhnya.

‘’kalau hujan didaerah tinggi diatas bendungan ini baru bisa banyak airnya, tapi kalau hujan sekitaran sini sama saja tidak ada, sedikit airnya yang masuk’’, tutupnya. |002|025|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah