Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Darurat, Sekolah Dikepung Iklan Rokok

dibaca 248 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Mataram – Video yang berjudul “Darurat! Sekolah Dikepung Iklan Roko” itu di launching oleh Galang Anak Semesta (GAGAS) Mataram (20/02/2017), video berdurasi lebih dari 11 menit itu memaparkan bagaimana cara perusahaan rokok menarget anak-anak sekolah sebagai konsumen baru mereka.h11

Ketua GAGAS Foundation Azhar Zaini mengatakan, pada tahun 2016, Gagas Foundation besama Lentera Anak (Jakarta) dan Ruandu Foundation (Padang) melakukan monitoring di 5 kota (Mataram, Padang, Bekasi, Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor) dan menemukan sebanyak 61 merk iklan rokok yang mengepung sekolah-sekolah di 5 kota ini.

Gerakan yang sangat massive dilakukan perusahaan rokok ini tergambar jelas dalam video investigasi berjudul “Darurat, Sekolah dikepung iklan rokok!”. Video investigasi yang diambil di Kota Mataram ini merupakan gambaran yang juga terjadi di kota-kota lainnya di Indonesia. Sekolah-sekolah dikepung oleh iklan rokok, anak sekolah setiap hari terpapar iklan rokok saat akan berangkat dan pulang sekolah, membuat rokok menjadi hal yang biasa dan normal sehingga anak-anak dengan mudah terbujuk untuk mencoba merokok.

Tak hanya di sekolah, iklan rokok juga memenuhi tempat berkumpul anak muda seperti Taman Sangkareang, Mataram, seperti yang digambarkan dalam video tersebut. “Merespon keadaan ini, 30 sekolah di Mataram sudah bergerak melakukan kampanye #Tolak Jadi Target dimana para pelajar, guru dan masyarakat sekitar sekolah melawan taktik curang perusahaan rokok ini dengan berbagai aksi, mulai dari sosialisasi, aksi kreatif hingga menurunkan iklan rokok yang ada di sekitar sekolah”, papar Azhar di Mataram (20/02/2017).

Saat ini sudah 22 sekolah di Mataram berhasil menurunkan iklan rokok di sekitar sekolah dan menggantinya dengan spanduk yang dibuat sekolah dengan pesan positif, tutupnya. |006|017|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah