Published On: Thu, Oct 15th, 2015

Dana Desa Tidak Dibarengi Dengan Juknis

dibaca 431 kali
Share This
Tags

sojatiTANJUNG, Lombok FM – Disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, disatu sisi merupakan angin segar bagi pemerintah desa karena akan mengelalo dana hingga Rp. 1 miliar lebih. Namun disisi lain, dengan besarnya anggaran ini cukup menyulitkan para kepala desa terutama dalam pembuatan pelaporan karena anggaran tersebut tidak dibarengi dengan petunjuk teknis (juknis.

Sebut saja misalnya Desa Sukadana Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, yang total anggaran desa yang diterima Rp. 1,8 miliar dari dana APBN, perimbangan dan dana desa. Anggaran sebesar itu sudah dicairkan 40 persen untuk membangun rabat jalan dan talut dibeberpa dusun dan pembangunan aula kantor desa.

Karena anggaran tersebut dicairkan tanpa dibarengi petunjuk teknis, sehingga kesulitan dalam membuat pelaporan penggunaan anggaran. “Kesulitannya kan ada informasi baru lagi, dan tidak sesuai dengan informasi dari pusat yang kita terima selama ini. Kan sekarang ini berubah-ubah cara pelaporannya sehingga semua teman desa ini bingung dengan aturan yang ada”, kata kepala Desa Sukadana kepada Lombok FM, ketika ditemui diruang kerjanya 15/10/15.

Kendati demikian, Sojati mengaku, khusus untuk Desa Sukadana laporannya sudah hampir rampung untuk termin pertama. “Ia kalau laporan pengguanaan anggaran sudah rampung tinggal di revisi saja. Karena untuk KLU baru beberapa desa yang sudah rampung yaitu desa Gondang Kecamatan Gangga dan Desa Mumbulsari Kecamatan Bayan, termasuk Desa Sukadana”, katanya.

Untuk menyelesaikan pelaporan penggunaan anggaran dana desa, kata Sojati selama ini masih dilakukan secara manual sambil menunggu petunjuk teknis yang benar. “Sementara ini kita membuat pelapran secara manual, sambil menunggu juknisnya”, tandas Sojati.|004|070|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah