Published On: Wed, Sep 16th, 2015

Dalami Dana Kapitasi, Jaksa Periksa Kabag Keuangan

dibaca 973 kali
Share This
Tags

eeRADIO LOMBOK FM – Ribut-ribut masalah dana kapitasi tahun 2014 lalu, berbuntut diperiksanya Kabag Keuangan Setda Lombok Tengah,Hj.Bq.Aluh Windayu oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Praya. Pemeriksaan itu dilakukan beberapa waktu lalu di Kantor Kejari Praya oleh penyidik kejaksaan setempat cukup lama.

Kasi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Praya, AA Raka Putra Dharma di kantornya Selasa (15/9/2015)mengatakan, pemeriksaan untuk menindaklanjuti laporan yang dilayangkan petugas medis. Beberapa waktu lalu petugas medis Puskesmas mengadukan persoalan kapitasi itu ke dirinya.

AA Raka mengungkapkan, petugas medis membeberkan, dana kapitasi yang diberikan pemkab melalui Dinas Kesehatan tidak sesuai. Ada dugaan pemotongan dilakukan Pemkab. Dugaan pemotongan terjadi pada tahap pencairan kapitasi bulan Januari sampai April 2014.“Kabag Keuangan dulu kami periksa nanti ada lain,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, Kepala Seksi di Dikes akan diperiksa penyidik Jaksa. Secara teknis, pejabat Kasi di Dikes lebih paham alur pencairan dan teknis lainnya. Untuk memperdalam penelusuran kasus ini, dalam waktu dekat enam bendahara Puskesmas diperiksa. Mereka harus diperiksa untuk memberikan keterangan seputar kasus kapitasi.“Mereka akan kami periksa secepatnya. Termasuk Kepala Dikes Lombok Tengah,” kata Raka.

Awalnya, petugas di 25 Puskesmas kecewa dengan sikap Pemkab. Tunggakan pembayaran uang kapitasi sebesar Rp 7 miliar tidak kunjung dicairkan. Tuntutan pencairan uang kapitasi oleh petugas medis dari 25 Puskesmas. Dana sekitar Rp 2,4 miliar tidak kunjung dibayar pemkab dengan berbagai alasan. Tidak lama pemkab kemudian konsultasi ke BPKP di Mataram.

Kabag Keuangan Setda Loteng, Bq Aluh hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi terkait dengan hal tersebut. Beberapa kali sejumlah wartawan menyambangi ruang kerjanya yang berada di lingkup Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Bupati Lombok Tengah, tidak berhasil ditemui karena tidak berada ditempat.|001|0125

banner-krasida

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah