Published On: Thu, Oct 15th, 2015

Cupak Gerantang Sebagai Media Hiburan dan Pendidikan

dibaca 813 kali
Share This
Tags

CUPAK-DAN-GERANTANG-SAAT-PETANJUNG, Lombok FM – Cupak Gerantang Taruna Sakti Dusun Ruak Bangket Desa Sukadana Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara,  selain sebagai media hiburan, juga dijadikan sebagai media sosialisasi dan pendidikan.

Hal tersebut dikemukakan ketua grup Cupak Gerantang Taruna Sakti, Remadi, S.Pd  ketika ditemui Lombok FM, 15/10/15 di Dusun Teluk Desa sukadana.

Cupak Gerantang, kata Remadi, adalah dua sosok manusia yang karakternya berbeda, dimana sang Cupak berwatak sombong, dengki dan jahil. Sementara adiknya si Gerantang adalah sosok manusia yang santun, lembut dan sabar.

Ini menggambarkan kedua watak ini ada pada diri manusia yaitu ada yang sombong, dengki dan ada juga sabar, santun dan berahlak mulia, seperti Gerantang.

Seni tradisional Cupak Gerantang,biasa dipentaskan pada acara begawe dan sosialisasi perogram pemerintah. “Cupak Gerantang Ruak Bangket pernah kerjasama dengan PNPM Generasi sehat dan Cerdas untuk mensosialisasikan programnya ditengah-tengah masyarakat”, kata Remadi.

Sementara Dedi, salah seorang warga Desa sukadana mengaku, Cupak Gerantang ini merupakan tontonan bagi masyarakat umum tanpa mengenal usia, karena lakon ceritanya menunjukkan si Cupak memiliki karakter yang congkak, tamak dank eras. Sementara adeknya si Gerantang adalah sosok manusia yang memiliki sipat yang sabar, ramah dan rendah hati.|004|071|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah