Published On: Tue, Jan 19th, 2016

Cilokak Tidak Masuk Musik Budaya

dibaca 1,093 kali
Share This
Tags

5LOMBOK TIMUR, Lombokfm.com – Kepala Bidang Kebudayaan Budpar Lombok Timur Ahmad Masfu mengakui cilokak bukan musik budaya, pasalnya cilokak tersebut merupakan moderenisasi yang semulanya berasal dari gendang belek.
” Gendang belek musik budaya dan cilokak tidak termasuk”, singkatnya kepada Lombokfm senin 18/6/2016 saat di ruangannya.

Di akui kembali memang alat musik tersebut bagian dari perlengkapan ke budayaan, salah satunya yaitu nyongkolan.

Lanjutnya untuk memberhentikan adanya perkumpulan cilokak tentu tidak semudah yang di inginkan masyarakat yang kurang setuju dengan adanya cilokak tersebut.
Dan harus menggunakan sekolompok musik budaya saja.

Menurut masfu cilokak itu pada dasarnya pengiring, atau pemusik yang baik juga, namun dengan adanya tradisi campuran yang tidak benar seperti minum, minuman keras, disitulah rusaknya. Sehingga cilokak itu sering sebagai pemicu perkelahian antar kampung dan lain sebagainya.
” Kita lihat fakta sekarang, orang nyongkolan menggunakan cilokak harus mabuk dulu, hal hal seperti ini sebenarnya membuat tidak baik bahkan merusak”, paparnya.

Berbicara ke macetan ketika waktu nyongkolan menggunakan jalan raya Masfu menilai hal itu wajar, karena yang di pakai juga setengah dari bahu jalan.
” Bisa kita katakan lumrah, akan macet kalau nyongkolan di jalan raya, mau pakai apa saja musik pengiringnya entah itu gendang belek ataupun cilokak”, paparnya. (007)(034)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah