Published On: Mon, Mar 7th, 2016

Cemara Rompes Lestarikan Budaya Lokal

dibaca 434 kali
Share This
Tags

a3RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Organisasi Cemara Rompes Lombok Timur, selain konsen terhadap lingkungan juga focus lestarikan budaya local. Pada program tahun 2015 lalu organisasi ini membina dua kelompok membaca atau hikayat di Desa Otak Rarangan dan Beriri Jarak Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur.

Demikian disampaikan Muhammad Zainuddin Ketua Cemara Rompes, ia mengatakan “selain peduli terhadap lingkungan kami juga konsen melestarikan budaya local yang ada seperti hikayat atau memaca” paparnya saat ditemui lombok fm, Jumat 4/3/2016.

Pembinaan kelompok memaca yang juga kerja sama dengan Kemensos RI dengan Organisasi Cemara Rompes memilih lokasi di kecamatan Wanasaba, seperti Desa Jineng, Otak Kebon Bebidas, Beriri Jarak dan Karang Baru memiliki tujuan yang ril.

Adapun tujuan tersebut sebagai gool program yang mereka damping. “Al hasil, program pembinaan tersebut tentu mebuahkan hasil, warga masih mempertahankan tradisi memaca ini” ungkap Zainuddin.

Kearipan local berupa memaca atau hikayat yang dibacakan oleh para pegiatnya tentu membawa kita dalam suasana kedamaian. Sebab apa yang disuarakan dalam bentuk dinamisasi lagu menyimpan banyak pesan moral dan spiritual.

Selain untuk dilestariakan, tradisi local memaca atau hikayat ini diharapkan kedepan para generasi melanjutkanya. “ Kami berharap para generasi terus pertahankan budaya ni” ujar Zainudin. |006|009|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah