Published On: Wed, Mar 9th, 2016

Cara Unik Warga Saksikan Gerhana Pakai Ember Air

dibaca 552 kali
Share This
Tags

xyRADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Rabu 9/3/2016 menarik perhatian banyak warga. Momentum ini tidak disia-siakan, mereka berbondong-bondong menyaksikan secara langsung peristiwa langka tersebut meski tidak total terjadi seperti daerah lainya.

Berbagai cara dilakukan untuk dapat melihat gerhana, mulai dari menggunakan kacamata khusus gerhana, kamera Ponsel, hingga menggunakan cara tradisional. Warga Desa Ketangga manfaatkan wadah Ember warna hitam yang diisi dengan air. Cara tersebut digunakan secara turun- temurun oleh sebagian warga Dusun Montong Gedeng Desa Ketangga Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.

Rozi Anwar, warga setempat mengaku menggunakan cara tersebut untuk melihat gerhana matahari bersama keluarga dan para tetangganya. Semua warga berkerumun termasuk anak-anak menyaksikan phenomena alam tersebut dengan alat yang cukup sederhana.

“Kami menggunakan ember hitam yang berisi air ini untuk menyaksikan gerhana matahari. Ini supaya tidak langsung bertatapan dengan matahari. Hasilnya, kita dapat melihat proses gerhana dengan baik,” ucap Rozi pada awak media, Rabu 9/3/2016.

Ia mengatakan, cara tersebut merupakan salah satu tradisi lama masyarakat Desa Ketangga saat terjadi gerhana matahari dan hingga kini masih banyak digunakan khususnya warga yang tidak punya alat canggih. “Kata nenek ku, Ini cara yang digunakan untuk lihat gerhana sejak dulu. Sampai sekarang masih banyak yang pakai ini, apalagi di dusun-dusun. Karena di dusun tidak ada kacamata gerhana, jadi melihatnya pakai cara seperti ini,” ucap Rozi.

Sementara ditempat yang terpisah warga Desa Suntalangu memanfaatkan plastik hasil ronsen medis. Lembaran plastic yang berwarna hitam tersebut mereka manfaatkan untuk menyaksikan phenomena langka itu. Demikian disampaikan Yusi Warga Dusun Batu Basong Desa Suntalangu Kecamatan Suela, ia mengatakan “kami disini manfaatkan lembaran plastic hasil ronsen untuk menyaksikan gerhana mata hari” paparnya. |006|013|

1096483_601319556595689_601319323262379_7572_1385_b

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah