Published On: Wed, Sep 30th, 2015

Camat Bayan Belum Terima Laporan Soal Gagal Panen

dibaca 892 kali
Share This
Tags

eeRADIO LOMBOK FM – Kegagalan panen yang dialami puluhan petani yang ada di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara belum mendapat solusi dari pemerintah. Karena hingga saat ini, pemerintah mengaku belum menerima laporan baik secara lisan ataupun surat dari kepala desa setempat.

Hal ini diakui camat Bayan Sahti, MPd, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa 29/9. Menurutnya, hingga hari ini pihaknya belum menerima laporan terkait kegagalan panen padi dan jagung yang dialami puluhan petani yang ada di Desa Bayan.

“Sampai dengan saat ini informasi terkait dengan kekeringan itu, secara langsung laporan dari kepala desa belum ada secara resmi, baik laporan melalui surat ataupun pemberitahuan secara lisan, sehingga upaya belum bisa kami mengambilkan solusi”, kata Sahti.

Dikatakan seandainya ada laporan yang masuk, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama dengan P3A kaitannya dengan kekeringan lahan, apakah cukup dengan air yang tersedia, karena mengingat musim hujan masih jauh.

“Seandainya ada laporan resmi yang masuk mungkin kami akan koordinasikan dengan pihak-pihak terkait, yang kaitannya dengan kekeringan lahan, terutama dengan P3A, terutama pengaturan air, cukup tidak dengan debit air yang tersedia. Mungkin itu langkah yang kita lakukan, karena memang agak sulit mencarikan solusi, sementara musim hujan masih jauh”, jelasnya.

Sementara pantauan Lombok FM dibeberapa lokasi pertanian di Desa Bayan, terdapat puluhan hektar yang sudah mengalami gagal panen akibat tidak pernah mendapat air, sehingga para petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

Karenanya diharapkan kepada pemerintah KLU untuk mencarikan solusi yang tepat terutama soal pengaturan air, karena mengingat musim hujan belum ada tanda-akan turun di wilayah Kecamatan Bayan. 004| 018|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah