Published On: Sat, Nov 17th, 2018

Buruan ya… Jangan Sampai Nama Badan Usaha Anda Dipakai Orang Lain

dibaca 616 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM/MATARAM~ Permenkumham 17/2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Perdata telah berlaku. Apakah para pelaku usaha di Lombok sudah mengetahui hal ini ?

Untuk itu RADIO LOMBOK FM terpanggil untuk membantu sosialisasi tentang peraturan menteri Hukum dan HAM tersebut. 

Karena banyak muncul pertanyaan di kalangan pelaku usaha tentang bagaimana dengan CV yang sudah berdiri? Apakah harus melakukan pendaftaran ulang melalui SABU ataukah sudah secara otomatis data pendaftaran teralihkan dari Pengadilan ke SABU?

Dan adakah sanksi bila CV yang tidak atau terlambat mendaftar ulangkan legalitas badan usahanya melalui SABU?

Maka RADIO LOMBOK FM menemui Saharjo seorang pemerhati hukum bisnis di Pulau Lombok, beliau menyampaikan bahwa semua CV tetap harus mendaftarkan kembali legalitas Badan Usahanya melalui SABU (pencatatan pendaftaran).

Untuk pendaftaran CV tersebut lanjut Saharjo Jumat 16 November 2018, pemerintah memberikan jangka waktu 1 tahun sejak berlakunya peraturan menteri, hanya saja memang tak ada sanksi bagi CV yang tak mendaftar atau terlambat mendaftar.

Pasal 23:

Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, CV, Firma dan Persekutuan Perdata yang telah terdaftar di Pengadilan Negeri berdasarkan peraturan perundang-undangan, dalam jangka waktu 1 (satu) tahun setelah berlakunya Peraturan Menteri ini wajib melakukan pencatatan pendaftaran tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri ini.

“akibat tidak dilakukannya pendaftaran CV nantinya nama CV bisa saja dipakai oleh orang lain, padahal prosesnya sangat mudah hanya modal kemauan untuk datang ke kantor Notaris” kata Saharjo lagi.

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah