Published On: Mon, Apr 23rd, 2018

BPR NTB Lobar Dorong Pertumbuhan Ekonomi Usaha Mikro

dibaca 110 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Upaya penciptaan branding PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) NTB Lombok Barat (Lobar) terus dimaksimalkan agar kepercayaan para debitor yang memanfaatkan lembaga keuangan ini untuk meningkatkan usahanya terus dilakukan. Dengan dukungan 86 personl yang tersbar di Kantor Pusat dan cabang se-Lombok Barat maupun Kabupaten Lombok Utara (KLU), BPR NTB Lobar juga tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengusaha mikro di sektor dalam mengemba ngkan usaha dan permodalanya.

Direktur Utama BPR NTB Lobar H. Husni ditemui Rabu (18/4) lebih jauh menjelaskan, perbandingan penyaluran kredit produktif yang saat ini tengah dilakukan BPR NTB prosentasenya untuk usaha mikro sebesar 70 persen dan untuk permodalaman yang sifatnya konsumtif (PNS) senilai 30 persen. “Prosentase lebih besar kepada usaha mikro seperti usaha perdagangan dan jasa ini dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bagi para pengusaha menengah ke bawah termasuk para petani di bidang usaha taninya. Sementara sisanya diperuntukan bagi PNS lingkup Pemkab Lobar dalam bentuk kredit konsumtif yang sudah terjalin MoU atau kerjasamanya,” jelas Husni.

Husni menambahkan dilihat dari sisi penyaluran kredit di BPR NTB Lobar dibandingkan dengan tahun 2017 hingga Desember tersalurkan sebesar 93,8 Milyar. Sementara hingga April 2018 ini sudah tersalur sebanyak 98,9 milyar kredit baik untuk usaha produktif maupun kredit konsumtif.

“Dengan jumlah penyaluran kredit yang semakin besar ini sebagai lembaga perbankkan harus tetap mengutamakan pelayanan terbaik kepada para debitur kita. Meski persyaratan memperoleh kredit tidak jauh beda dengan lembaga perbankkan lainnya, Namun prinsip ke hati-hatian dari para analis kredit kita sebelum penyaluran kredit itu harus tetap dijaga. Karena sebagai lembaga bisnis kita tentu ingin meningkatkan laba/untung,” jelasnya.

Husni berharap dengan kondisi perekonomian masyarakat yang semakin membaik BPR NTB Lobar nantinya bisa mewujudkan rencana bisnis yang sudah dituangkan dalam Rencana Pengangembangan Bisnis BPR NTB Lobar ke depan. “Dari sisi pencapaian usaha internal perbankkan bisa terpenuhi. Demikian juga harapan masyarakat untuk memperoleh penyaluran kredit bisa berjalan dengan baik,” tukasnya.

Dikatakannya, dalam upaya meningkatkan dan mengejar target yang sudahdirencanakan BPR NTB Lobar juga terus meningkatkan SDM para pengelola. Apalagi saat ini BPR NTb Lobar tengah mengalami proses pergantian sistem pengelolaan BPR yang ke depannya bisa diterapkan pelayanan yang berorientasi digital. Karena itu karyawan terus dibekali dengan pengetahuan dan pelatihan menuju SDM yang makin tangguh dan berkualitas. (07/031)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah