Published On: Thu, Jun 30th, 2016

BPBD Respon Kekeringan Di Praya Timur

dibaca 727 kali
Share This
Tags

f warga kerisis air bersih

RADIO LOMBOK FM Lombok Tengah-Keluhan Masyarakat Desa Kidang dan Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur, Loteng yang menjadi langganan kekeringan akhirnya langsung direspon oleh Kepala Badan Penanggulan Benacana Daerah (BPBD) Loteng, L Nurpuri kemarin.

Ia menyatakan, sekarang pihaknya sedang berkoordinasi dengan Provinsi  serta pihak terkait untuk menyalurkan bantuan air terhadap dua desa itu.

“Dalam waktu dekat wajib kami akan mensuplai air kesana maupun yang lainnya. Tetapi kami minta agar masyarakat yang ada diwah juga melaporkan bahwa dilanda kekeringan,” bebernya di halaman kantor bupati Loteng . 29/06/2016

Ia mengaku, sebelumnya memang dirinya telah mendapatkan informasi tentang kekeringan melanda ini. Sebab kekeringan terjadi karena diperkirakan curah ujan disana juga sedikit, maka wajar dilanda kekeringan. Tidak seperti curah ujan yang ada di Praya yang skala besar.

“Bukan dari media ini kami tahu nya dek. Saya tahu nya dari PPL disana,” tegasnya.Untuk itu, pihaknya langsung bergerak agar mensuplai air kesana dilakukan secepatnya. Namun, dalam penyaluran ini, tidak semudah itu, pihaknya harus koordinasi dengan Bupati maupun pada Provinsi. Pasalnya pihaknya terbatas anggaran juga.

“Kita harapkan agar masyarakat jangan khawatir,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKP3 Praya Timur, Sahabudin mengungkapkan, dua desa memang sangat rawan kekeringan. Seperti yang tercatat untuk Desa Bilelando, seluas 70 hektar. Akibatnya kekeringan yang mengakibatkan petani gagal panen. Sedangkan untuk Desa Kidang, seluas 47 hektar.

“Tetap ujan disini, namun yang menyebabkan kekeringan adalah karena ada permainan yang menjual belikan air saat jadwal penyalurannya,” terangnya.

Hal senada, disampaikan Kepala Desa Bilelando, Ramayadi menjelaskan, kekeringan yang terjadi di desa Bilelando tahun ini sangat dirasakan dampaknya oleh petani. Pasalnya mereka kebanyakan gagal panen akibat terkena dampak kekeringan tersebut. |003|0026|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah