Published On: Fri, Nov 20th, 2015

BPBD Masih Waspadai Erupsi Gunung Rinjani

dibaca 368 kali
Share This
Tags

BTLOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Hingga saat ini, pihak Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, masih waspada terhadap dampak erupsi Gunung Baru Jari yang merupakan anak gunung Rinjani. Posko kewaspadaan disejumlah titik rawan, masih berdiri dan lengkap dengan petugasnya. Demikian disampaikan Kepala BPBD, L.Puri, Rabu (18/11) 2015.

Posko yang hingga saat ini masih aktif lanjut L.Puri, yakni posko yang didirikan di Desa Teratak, Tanak Beak dan Waja Geseng. Petugas tetap siaga diposko tersebut dan masih melihat situasi dan kondisi yang berkembang terhadp letusan rinjani tersebut.”Walau saat ini, tingkat volume letusanya sudah meulai berkurang dan BIL sudah bisa beroperasi, namun kita masih wasapada,”Katanya kepada Lombok FM.

Walaupun saat ini sudah mulai turun hujan dibeberapa wilayah di Lombok Tengah imbuh L.Puri, hal itu tidak mengurangi bahaya dari peristiwa erupsi suatau gunung. Karena hal itu bahkan bisa membawa aliran lahar dingin dengan cepat.”Beruntung kita Lombok tengah ini, memiliki lembah dan bukit cadas yang akan menghadang lahar dingin bila benar-benar ada. Namun tentu lahar itu akan mengarah kearah utara atau timur,”Jelasnya.

Yang menjadi perhatian pihaknya saat ini lanjut L.Puri, terkait dengan dampak musim kemarau yang akibatkan sulitnya ketersediaan air bersih disejumlah wilayah di Lombok Tengah. “Walau sudah turun hujan namun pihak BMKG hingga saat ini belum merubah status musim kemarau ini menjadi musim hujan. Makanya air masih sulit,”Imbuhnya.

Saat ini sebanyak 228 tangki air bersih telah ditambah untuk menyuplai air bersih dari 7500 tangki yang sebelumnya sudah disiapkan oleh pihak pemerintah daerah. Bahkan pihak provinsi juga ikut membantu begitu juga dengan pihak Mapolres.”Saat ini kita sering dihadang ditengah jalan oleh warga yang ,e,butuhkan air bersih. Tetapi tetap kjita layani. Kami belum tahu pasti, hingga kapan akan menyalurkan air denga tangki ini, mudahan saja musim hujan segera dating,”Pungkasnya|001|27|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah