Published On: Fri, Jul 1st, 2016

BPBD Lotim Pastikan Wilayah Lombok Timur Aman Dari Banjir

dibaca 1,422 kali
Share This
Tags

mob

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur –   Kepala Bidang Kedaruratan dan Urusan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur, M. Takdir Illahi mengatakan, menyikapi terjadinya hujan yang mengguyur Lotim sejak hari Selasa lalu. Pihaknya langsung turun lapangan untuk melakukan pengecekan ke sejumlah kecamatan.

Hal itu dilakukan guna utuk memastikan beberapa Kecamatan yang terkadang mengalami masalah irigasi, yang membanjiri pemukiman warga. Dari hasil pengecekan itu, katanya, tidak ditemukan adanya bencana longsor maupun banjir bandang yang merendam rumah warga.

Hanya saja, katanya, dari hasil pantauan ditemukan adanya penyumbatan sejumlah saluran irigasi yang disebabkan karena tumpukan sampah yang begitu banyak. “Setelah kita keliling, tidak ada kita temukan longsor dan banjir bandang. Hanya ada gorong-gorong tersumbat yang disebabkan oleh sampah,”ungkapnya.

Berkaitan dengan permasalahan sampah Kantor Kebersihan dan Tata Kota (KKTK) Lombok Timur rutin melakukan pengangkutan sampah selama 24 jam, namun tidak dipungkiri juga terjadi penyumbatan saluran irigasi yang disebabkan oleh sampah. Pasalnya, sampah itu kerap merupakan sampah kiriman yang dibuang sembarang oleh masyarakat ketika musim kemarau.

Maka dari itulah, yang perlu dilakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarang.

Jika kesadaran masyarakat masih minim, maka permasalah tersumbatnya saluran irigasi akan menjadi permasalahan setiap tahunnya yang bisa jadi akan menjadi masalah besar, cetusnya Takdir Ilahi. |002|005|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah