Published On: Thu, Nov 5th, 2015

BMKG SEBUT BIL AMAN SURABAYA DAN BALI TERANCAM ABU VULKANIK

dibaca 1,000 kali
Share This
Tags

limaLOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Intenational Lombok(BIL) , mencatat pergerakan abu pulkanik erupsi gunung Baru Jari Rinjani Lombok NTB, sudah menutupi semua kawasan Bali dan bergerak ke pulau jawa, sebelah timur sehingga sejumlah bandara yaitu Ngurah Rai dan Juanda harus ditutup hingga dua hari kedepan.

Dari pantaun BMKG Bandara International Lombok BIL NTB, mencatat erupsi gunung anak Baru Jari Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat, sudah menyebar dan menutupi semua wilayah di pulau bali dan saat ini sudah begerak ke pulau jawa bagian timur, sesuai dengan data pemantauan di BMKG, sehingga BMKG bandara Selaparang BIL NTB mengistruksikan bandara yang di selimuti erupsi abu vulkanik gunung Baru Jari Rinjani harus ditutup karena sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan,ungkap Petrus Sina Dey Dala Poreaster BMKG Air Nav BIL NTB,saat di temui Lombok fm rabu 04/11/2015.

Penutupan bandara di prediksikan hingga dua hari kedepan, karena pergerakan abu vulkanik mengarah ke arah barat, dengan kecepatan 10 knot dan dengan ketinggian 20 ribu pit, sehingga sangat berbahaya bagi penerbangan karena jika abu vulkanik itu masuk kedalam mesih pesawat maka mesin pesawat akan mati dan pesawat akan tejatuh,jelasnya.

‘’Saat di lombok baru bandara selaparang yang ditutup sejak kemarin, dan dampak dari abu vulkanik erupsi gunung Baru Jari ini sudah meluas dan menutupi semua wiayah di pulau Bali dan mulai bergerak kearah timur jawa banyuwangi,’’ sebut Petrus Sina Dey Dala Poreaster BMKG Air Nav Bil NTB di ruang radar flight control 4/11/2015.

Lebih jauh petrus menjelaskan ‘’abu vulkanik itu sangat berbahaya jika pesawat kemasukan debu vulkanik maka mesin pesawat akan mati dan akan mengakibtakan pesawat terjatuh,’’ ungkap petrus.

BMKG dan Ari Nav Bandara International Lombok terus memantau pergerakan dari erupsi gunung baru jari dan dilaporkan setiap satu jam sekali kepada pihak maskapai dan bandara, namun untuk penutupan mereka tidak berwenang karena pihak keselamatan penerbangan saja yang bisa melakukan notime penutupan bandara.

Sementara itu akibat abu vulkanik, sejumlah penerbangan di bandara international Lombok BIL,tujuan bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya di batalkan, hingga saat ini ada empat penerbangan yang sudah menyerahkan laporan penerbangan yang di batalkan,ungkap Gede Sandi Humas Angkasa Pura Bil Lombok NTB 4/11/2015.

‘’Tadi pagi sekitar pukul 9:30 wita penerbangan ke denpasar dan ke juanda surabaya di cancel atau batal dan pihak maskapai sudah mengembalikan harga tiket penumpang ( refound)’’ uangkap Gede Sandi Humas Angkasa Pura Bil Lombok NTB 4/11/2015.

Tercatat, baru bandara lama Selaparang di Mataram yang di tutup di NTB untuk bandara BIL masih normal kecuali ke surabaya dan ke bali saja yang di batalkan, karena kedua bandara itu masih tutup akibat erupsi gunung Baru Jari,tutupnya.|003|009|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah