Published On: Wed, May 17th, 2017

BMKG Akan Pantau Hilal Di Loang Baloq

dibaca 542 kali
Share This
Tags

a8Radio Lombok FM, Mataram – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram NTB akan melakukan pengamatan hilal di pantai Loang Baloq bersama Kanwil Kementrian Agama NTB pada tanggal 26/5/2017 nanti.

Sebelum ditentukannya titik pengamatan, BMKG Stasiun Geofisika Mataram sejak tanggal (13/5), telah melakukan survey lokasi titik pengamatan hilal seperti Malimbu, Senggigi dan Loang Baloq, kata Kepala Stasiun BMKG Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto kepada Lombok FM, (16/5/2017) di Mataram.

“Di dapatkan titik pengamatan terbaik adalah di Loang Baloq karena disana berdasarkan hitungannya tinggi hilal pada saat tanggal 26/5 nanti berada di 7 derajat”, dikatakan Agus.

Kalau titik pengamatan hilal di Malimbu posisi hilal di sana akan tertutup oleh gunung Agung Bali, oleh karena itu pantai Loang Baloq menjadi titik pengamatan yang terbaik, Sehingga posisi bulan pada saat itu akan tampak berada di sebelah kiri gunung Agung Bali dan hilal akan bisa diamati, jika hilal sudah bisa teramati kemungkinan besar ummat muslim akan mulai berpuasa pada tanggal 27/5, namun yang paling berhak menentukan untuk mulai berpuasa atau tidak adalah dari Kementrian Agama, imbuh Agus.

Dan kondisi cuaca pada saat akan dilaksanakannya pengamatan nantinya di perkirakan berawan, Diakuinya juga, sebelum ditentukan lokasi pengamatan ini, BMKG juga sempat melakukan rapat persiapan pemantauan bersama Kemenag Provinsi NTB dan UIN Mataram. |006|028|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah