Published On: Mon, Aug 31st, 2015

Blogspot vs WordPress

dibaca 903 kali

RADIO LOMBOK FM – Banyak layanan gratis di dunia maya yang menawarkan hosting, blog atau penyimpanan untuk website anda, diantaranya adalah Blogdetik, Idhostinger, 000webhost atau Freewebhostingarea. Masing-masing layanan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan, namun hingga detik ini ada Dua (2) layanan yang terpopuler dan banyak diminati Netizen (pengguna Internet), yakni Blogspot dan WordPress.

Membandingkan kedua layanan gratis hosting website tersebut maka ada baiknya kita telusuri sejarah keberadaannya. WordPress sebetulnya berawal dari aplikasi Content Management System (CMS) yang bernama b2 karya Michel Valdrighi, namun entah mengapa Michel menghentikan pengembangan b2 yang mendorong seorang pengguna aktifnya Matt Mullenweg untuk melanjutkan pengembangan dan mengadopsi b2 menjadi mesin web yang belakangan diberi nama WordPress dan resmi diumumkan keberadaannya pada publik pada tahun 2003.

Akhirnya wordpress menawarkan situs wordpress.com yang memberikan layanan hosting gratis, layanan ini cukup mumpuni untuk membuat blog pribadi dengan nama sub domain di bawah wordpress.com jadi misalkan anda ingin membuat sekedar catatan harian dengan alamat web http://namaanda.wordpress.com maka sudah cukup tanpa perlu mengeluarkan duit sepeserpun, layanan yang ditawarkan perusahaan Automattic (pastilah ini perusahaan milik Matt Mullenweb)  ini adalah gratis seumur hidup. Dan kelebihan lain adalah dengan sekali mendaftarkan Satu (1) blog di wordpress.com bisa digunakan untuk banyak orang (komunitas), maka tak salah jika orang menyebut blog komunitas untuk wordpress.com. Kekurangan dari wordpress.com adalah tidak memungkinkan kita mengubah disain theme/tema website yang telah disediakan!

Berbeda dengan wordpress.com maka jika tidak ingin terkekang dan lebih bebas berkreasi maka pilihlah blogspot.com untuk membangun blog (singkatan dari web log) anda. Layanan gratis hosting website ini banyak menawarkan aplikasi pendukung yang bersifat open source (sumber terbuka atau bebas dimanfaatkan serta dikembangkan), hal ini tidak lepas dari dukungan Google yang “membeli” blogspot.com dari perusahaan programmer (pengembang) bernama Pyra Labs.

Jadi jika tidak mau repot cukup gunakan wordpress.com untuk blog anda, sebaliknya penulis menyarankan blogspot.com jika anda termasuk ke dalam pribadi yang gemar berkreasi. (he)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah