Published On: Sat, Feb 13th, 2016

Bimtek PLD Se-Lombok Barat

dibaca 917 kali
Share This
Tags

bimtek lobarLombok Barat, lombokfm.com – Pendamping lokal desa atau yang biasa disebut PLD Kabupaten Lombok Barat pada hari Jumat, 5 Februari 2016 mendapatkan bimbingan teknis tentang tata cara penyusunan RPJM Desa, untuk diketahui sejak bergulirnya UU Desa No 6 tahun 2014 maka setiap desa mendapatkan pendampingan dalam menyalurkan dana desa yang berasal dari APBN.

Bimtek yang berlangsubg sehari dan bertempat di Aula Kantor BPMPD Kabupaten Lombok Barat tersebut dihadiri oleh 34 orang pendamping lokal desa yang ada di Lombok Barat, tujuan bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan para PLD dalam mendampingi desa khususnya saat perencanaan pembangunan desa.

Baiq Nurhayati yang merupakan tenaga ahli profesional Lombok Barat saat membuka acara tersebut menekankan pentingnya perencanaan yang matang dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Jika dari awal perencanaan sudah bagus maka pelaksanaannya akab bagus juga dan begitu juga sebalikanya”. Kata Tenaga ahli yang akrab disapa Mbak Nung.

Masih menurut Nurhayati, bahwa proses perencanaan pembangunan desa itu meliputi penyusunan RPJM desa untuk perencanaan pembangunan jangka menengah dan kemudian dijabarkan dalam RKP desa setiap tahun, baru kemudian dituangkan dalam bentuk APBDes.

Sementara pendamping desa yang mengikuti bimbingan teknis dengan penuh semangat, Ahyar Rasidi salah seorang PLD asal Kuripan mengungkapkan sangat memerlukan bimbingan dan peningkatan kapasitas seperti ini.

“Bimtek ini sangat penting bagi kami untuk bekal kami turun ke desa dampingan”. Kata Ahyar disela sela mengikuti acara tersebut.|10|04|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah