Published On: Mon, Mar 28th, 2016

Berugaq Saka Enam Merupakan Kebutuhan Masyarakat Adat Suku Bayan

dibaca 961 kali
Share This
Tags

l2RADIO LOMBOK FM,Lombok Utara – Berugaq Saka Enam Merupakan kebutuhan masyarakat Adat Suku Bayan sebab berugak mempunyai banyak pungsi hal itu disampaikan oleh Ketua Remaja Pranata Adat Karang Bajo Sakria Muchtar. Saat di temui lombok fm diberugak Saka enam di Balae Pusaka Sebaya tanta Karang Bajo 20/2/14.

Berugaq saka enam yang serupa dengan rumah panggung biasanya di buat dari bahan kayu kelanjuh sebagai tiang, belandar, apisaka dan tunjang langit langit sedangkan kayu kelapa sebagai belandar dan jaitnya sementara usuk usuk dan malaknya terbuat dari pohon bambu, atapnya terbuat dari alang alang yang sudah di kemas,dengan istilah [sepek’an] dan ada yang gelitan, Berugak saka enam biasanya di buat dengan berukuran 2×6 meter persegi atau sesuai kebutuhan.

Berugaq Saka enam memang menjadi kebutuhan warga masyarakat Adat Suku Bayan, jika anda menengok di rumah rumah tradisional suku Bayan maupun rumah biasa, yang menjadi pemisah antara rumah warga yang satu dengan yang lain itu di tengah tengahnya adalah berugak saka enam, berugak bisa di beli dengan harga minimal 5 juta, 10 juta berpariasi sesuai kelas bahannya, namun untuk miniatur berugak, anda bisa dapatkan seharga 50 ribu sampai 100 ribu sesuai motipnya.

Mampaat dan kelebihan dari berugak saka enam yaitu Masyarakat adat Suku Bayan biasanya menerima tamu di berugak saka enam sebab setiap rumah tradisional itu tidak mempunyai ruang tamu, Berugak di gunakan untuk tempat makan dan minum setiap hari, Berugak di gunakan pada setiap acara, mulai dari acara mbuang awu atau membuat nama, acara ngurisang atau cukur rambut, acara nyunatan atau khitanan, acara mengkawinan atau nikah dan acara acara lain, Berugak juga di gunakan untuk gundem atau musyawah tentang proses saji karma adat , acara sorong serah, acara persiapan selametan atau roah.

Dengan banyaknya pungsi dan uniknya berugak saka enam di warga masyarakat suku Bayan maka Remaja Pranata Adat Karang Bajo mempunyai kelompok membuat miniatur, ada miniature mesigit kuno, ada miniature rumah tradisional, ada miniatur berugak saka enam, ada miniature geleng, samba dan lain dengan harapan para wisatawan dapat membawa pulang sebagai kenang kenangan dari Bayan. |004|002|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah