Published On: Mon, Sep 28th, 2015

Bayan Diprogramkan Menjadi Kecamatan Sehat 2016

dibaca 966 kali
Share This
Tags

heheRADIO LOMBOK FM – Kecamatan Bayan yang terletak diujung timur Kabupaten Lombok Utara diprogramkan akan menjadi kecamatan sehat 2016 mendatang.

Demikian dikatakan, Kepala Puskesmas Kecamatan Bayan, H. Husnul Ahadi pada acara Rapat Kerja Kedehatan Daerah (Rakerkesda) di Bay Marina Medana Kecamatan tanjung kemarin.

Menurut Husnul, program tersebut diyakini akan berjalan, karena mengingat di 9 desa yang ada di Kecamatan Bayan sudah menjadi desa siaga aktif dan meningkat menjadi desa siaga purnama. Selain itu semua desa sudah memiliki forum kecamatan sehat.

Langkah untuk menuju kecamatan sehat sudah dilakukan seperti pemetaan kegiatan lingkungan tingkat desa, pelatihan teknis pemicuan, monev pasca pelatihan, membuat jambanisasi dan kegiatan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan KLU, dr. H. Benny Nugroho s. mengatakan, pemerintah KLU perlu merencanakan pembangunan kesehatan yang integral dan sinergitas untuk mencapai kecamatan sehat tahun 2016.

Upaya kesehatan diarahkan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatn yaitu mewujudkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan keterjangkauan, kemampuan dan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga mampu pengantisipasi perubahan, perkembangan, masalah dan tantangan dalam pembangunan kesehatan.

Beny mengaku, tantangan dan permasalahan pembangunan kesehatan semakin berat dan kompleks bahkan terkadang tidak terduga , sehingga penyelenggaraan pembangunan kesehatan perlu memperhatikan dinamika kependudukan, epidemiologi penyakit, perubahan ekologi dan lingkungan, kemajuan ilmu pengetahunan dan tehnologi serta globalisasi dan demokratisasi dengan semangat kemitraan, kerjasama lintas sektoral serta mendorong pran serta aktif masyarakat.

Rakerkesda, kata Beny merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan kesehatan bertujuan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan serta menyusun perencanaan pembangunan kesehatan yang integral dan sinergis,

Ia berharap dengan Rakerkesda ini dapat meningkatkan kordinasi, komunikasi dan informasi antar dinas Kesehatan dengan sektor terkait dan Puskesmas se Lombok Utara dalam rangka meningkatkan mutu pembangunan kesehatan yang lebuh baik. 004| 012|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah