Published On: Thu, Oct 9th, 2014

Bank Syariah Ini Bergelar Jagonya Ekonomi `Wong Cilik`

dibaca 543 kali
Share This
Tags
Meski belum tumbuh secara optimal, tetapi kontribusi perbankan syariah di Indonesia untuk masyarakat sudah mulai dirasakan. Hal inilah yang dilakukan bank syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat.

MUAMALATRADIO LOMBOK FM– Bank Muamalat dengan program Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) yang dikembangkan dalam bentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) telah membantu 437 kelompok usaha mikro yang tersebar di 229 masjid di seluruh wilayah Indonesia.

Corporate Secretary Bank Muamalat Meitra N.Sari menyatakan program yang dimulai sejak tahun 2006 ini bertujuan untuk mendorong pengembangan usaha mikro secara berkelanjutan.

Keandalan Bank Muamalat lewat program ini, menghantarkan pelopor bank syariah di Indonesia ini meraih tiga kali penghargaan secara berturut-turut pada kategori The Best Economic Empowering oleh Indonesia Magnificence of Zakat. Bank Muamalat dinilai  atas keberhasilannya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Program CSR KUM3 merupakan program pemberian dana bergulir untuk usaha produktif kepada pengusaha mikro. KUM3 berupaya memfasilitasi komunitas usaha mikro dengan mendorong berkembangnya bisnis masyarakat sekaligus mendorong tumbuhnya kepedulian dan karakter entrepreneur peserta,” ujar Meitra dalam keterangan pers yang dikutip, Kamis, 8 Oktober 2014.

“Sebelum menjalankan usahanya, warga binaan KUM3 dibekali dengan sejumlah pelatihan untuk memberi pemahaman dasar mengelola usaha, bekerja dalam kelompok, motivasi diri, serta meningkatkan mentalitas dan karakter pengusaha,” jelasnya.

Selain melalui program KUM3, Meitra menyatakan pihak Bank Muamalat juga memiliki program lain yang masuk dalam programCorporate Social Responsibility (CSR). Dana untuk program CSR ini berasal dari laba bersih dan pendapatan non halal perusahaan.

Untuk tahun 2014, bank ini telah menyalurkan sekurangnya Rp 11,89 miliar dari zakat perusahaan yang sebesar 2,5% dari laba bersih dan disalurkan melalui 4 Lembaga Amil (LAZ). Sementara pada tahun 2013, penyaluran dana CSR Bank Muamalat sebesar Rp 19,4 miliar ditambah dengan pendapatan non halal sebesar Rp 1,4 miliar dari denda keterlambatan pembayaran debitur yang disengaja.

Sementara untuk Idul Adha tahun ini, Bank Muamalat juga melakukan salah satu bentuk kegiatan CSR dengan menyalurkan 368 hewan kurban yang terdiri dari 138 ekor sapi dan 230 ekor kambing kepada 4.200 anak yatim piatu binaan Bank Muamalat.

“Bank Muamalat berkomitmen untuk terus melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Hal ini menimbang aktivitas perusahaan harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan seperti profit atau dividen, melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang,” tandas Meitra.Dream

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah