Published On: Sat, Feb 24th, 2018

Baliho Dirusak Paslon Bupati-Wakil Bupati Lobar Lapor Panwaslu

dibaca 17,490 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat -Tindakan tak terpuji kembali terjadi lagi menimpa Posko Pemenangan Calon Bupati/Wakil Bupati Lombok Barat (Lobar) Farin-Muammar di wilayah Kecamatan Sekotong. Kali ini aksi pengerusakan baliho dari orang tak dikenal (OTK) milik pasangan yang dikenal dengan sebutan F-One ini terjadi di Desa Cendi Manik, Kamis (23/2) lalu.

Aksi pelarangan pemasangan baliho serta ancaman juga dialami simpatisan Paslon ini. Tim sukses Paslon ini ditindaklanjuti dengan melaporkannya ke Panwaslu Kabupaten Lombok Barat guna ditindaklanjuti lebih serius. “Aksi ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan, yang pertama aksi pengancaman, pembakaran dan terakhir pengerusakan baliho,” kata Mahdi salah seorang pendukung Paslon nomor urut 2 ini di Lombok Barat, Jumat (23/2).

Mahdi menuturkan, saat terjadinya pengerusakan pelaku datang berkelompok ke tokonya dan sempat membakar barang dan elpiji jualan. Beruntungnya waktu itu cepat ditolong sama masyarakat setempat. Masalahnya jika tidak, isinya habis terbakar. Ditambahkannya, pelaku juga sering datang dan meminta agar baliho yang terpampang di depan rumahnya diturunkan. Bahkan jika tidak, pelaku mengancam dan mau menangkap dirinya. “Tidak berhenti disitu pelaku datang lagi dan langsung merusak bendera dan baliho paslon paket F-One. Kami bersama masyarakat menginginkan agar pelakunya ini ditangkap,” pintanya.

Ketua Advokasi Hukum korban, Zokhri Ajhari SH menegaskan, pihaknya datang ke Panwaslu supaya pihak yang berwenang bisa melihat dan lebih mencermati, agar dalam konteks ini Panwaslu bisa lebih berlaku obyektif. Dengan demikian tidak ada dari paslon baik nomor urut 1, 2 dan 3. Siapapun itu, selama mereka  melakukan pelanggaran dalam kampanye, harus ditindaklanjuti.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Lombok Barat Lalu Arjuna menjelskan, terkait dugaan pengerusakan baliho salah satu Paslon, pihaknya akan tetap melakukan proses dan pihaknya juga akan melimpahkan kasus ini kepada Gakumdu. Apakah itu memenuhi unsur seperti apa, yang jelas akan di proses dulu. “Belum diketahui apakah unsurnya adminstrasi, unsur pidana umum atau ada unsur pidana pemilu, mengenai soal itu kan harus dilihat dan dipelajari dulu,banyak hal yang harus diproses, apakah itu memenuhi unsur seperti apa nanti kita proses dulu,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP Suhartoni menilai jika melihat kasus ini, ada aksi percobaan pembakaran, kemudian pengerusakan dan pengancaman itu sudah jelas mengandung unsur pidana. Menurutnya, saat ini objeknya pengerusakan baliho, apalagi ini momen kampanye atau Pilkada. “Jadi kasus ini tetap harus dikaji oleh Panwas dan penyidik, karena siapa tahu dari hasil pemeriksaan.kita tidak tahu apakah ini benar benar murni tindak pidana, harus di kaji dulu,” tukasnya. (07/018)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah